PENGUATAN KARAKTER BUDAYA LOKAL DAN KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA BERKEBHINEKAAN GLOBAL MELALUI MEDIA ULAR TANGGA

Authors

  • Aliva Rosdiana

Keywords:

Berkebhinekaan global, karakter budaya lokal, komunikasi lintas budaya, media ular tangga

Abstract

Berkebhinekaan global berarti mencintai budaya luhur bangsa secara terbuka sebagai upaya menumbuhkan kesadaran budaya berjiwa toleransi dan saling menghargai dengan mengedepankan nilai-nilai luhur, budi pekerti, akhlak, dan karakter peserta didik sebagai penguatan profil Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah menguatkan karakter identitas kebhinekaan global melalui permainan Ular Tangga Budaya bagi pelajar SMP Islam Sultan Agung 3 Kalinyamatan Jepara dan memberikan pengalaman para siswa menyampaikan idenya tentang budaya Indonesia. Setiap konsep dan ide yang ada di dalam media ular tangga budaya terorganisir dalam ilustrasi dan peta budaya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif menjelaskan budaya lokal dan membandingkan budaya lain dengan keragaman global melalui pembelajaran dengan media ular tangga. Penelitian ini secara filosofis memberikan petunjuk cara mengumpulkan data dan menganalisis data dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif berdasarkan urutan siklus. Hasil penelitian setelah penerapan media ular tangga budaya oleh 22 siswa kelas 8 tereksplorasi baik pengetahuannya, sikap kepercayaan diri, dan keterampilan literasinya. Media ular tangga budaya merupakan cara efektif bagi siswa untuk mengenal dan menggambarkan budaya lain untuk mendukung keterampilan literasi budaya untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) yakni melindungi dan menjaga warisan budaya dan alam dunia.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Rosdiana, A. . (2025). PENGUATAN KARAKTER BUDAYA LOKAL DAN KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA BERKEBHINEKAAN GLOBAL MELALUI MEDIA ULAR TANGGA. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 189–199. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5058

Conference Proceedings Volume

Section

Articles