POLA ASUH GRANDPARENTING TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI DI BA AISYIYAH PREMBUN

Authors

  • Sayyidah Musyaffa PGPAUD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jawa Tengah
  • Desti Pujiati PGPAUD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jawa Tengah

Keywords:

pola asuh, grandparenting, interaksi sosial

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah suatu pendidikan utama yang di dapatkan dari lingkungan keluarga namun bukan orang tuanya melainkan kakek dan nenek, yang dimana anak memiliki perkembangan bersosialisasi maupun berinteraksi layaknya orang dewasa . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pola asuh grandparenting terhadap peningkatan interaksi sosial anak usia dini di BA Aisyiyah PREMBUN. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan meliputi, observasi secara langsung, wawancara mendalam dengan kakek dan nenek serta guru kelas di BA Aisyiyah prembun, dokumentasi kegiatan penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola asuh grandparenting memiliki pengaruh signifikan terhadap interaksi sosial anak usia dini, anatara lain anak lebih nyaman berinteraksi dengan orang yang lebih tua, anak terlihat pasif dalam berinteraksi dengan teman sebayanya, ketergantungan terhadap orang yang sudah di percayainya, kurangnya kemandirian pada anak.Peneliti menyarankan agar dalam melakukan peningkatan interaksi sosial pada anak terhadap pola asuh grandparenting yaitu lebih mendekatkan anak untuk banyak berinteraksi dengan teman sebayanya agar terjalin interaksi sosial yang sempurna. Serta mendukung perkembangan sosial anak dalam memfasilitasi stimulasi perkembangan sosial anak di lingkungan keluarga.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Sayyidah Musyaffa, & Desti Pujiati. (2025). POLA ASUH GRANDPARENTING TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI DI BA AISYIYAH PREMBUN. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 419–428. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5064

Conference Proceedings Volume

Section

Articles