INTEGRASI GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BERPIKIR ALJABAR

Authors

  • Masnia Universitas Media Nusantara Citra Jakarta
  • Emy Sohilait STKIP Gotong Royong Masohi
  • Hafsah Adha Diana Universitas Media Nusantara Citra Jakarta

Keywords:

GeoGebra; pembelajaran aljabar; pemahaman berpikir aljabar; visualisasi interaktif

Abstract

Aljabar sering menjadi tantangan bagi siswa karena konsepnya yang abstrak membutuhkan pemahaman mendalam dan kemampuan berpikir kritis. Penggunaan alat visual berbasis teknologi seperti GeoGebra dapat meningkatkan pemahaman siswa. GeoGebra menawarkan visualisasi interaktif yang membantu siswa memahami konsep aljabar secara intuitif. Penelitian ini menganalisis efektivitas GeoGebra dalam meningkatkan kemampuan penalaran aljabar. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimental dengan kelompok kontrol pretest-posttest. Mahasiswa kalkulus dibagi menjadi kelompok eksperimen yang menggunakan GeoGebra dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes aljabar sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor posttest kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. GeoGebra secara efektif membantu siswa memvisualisasikan konsep abstrak dan memahami pola serta hubungan antar variabel. Namun, perbedaan tersebut tidak signifikan secara statistik, kemungkinan karena ukuran sampel yang kecil dan variasi kemampuan awal. Temuan ini mendukung GeoGebra sebagai alat pembelajaran eksploratif yang efektif. Penelitian ini merekomendasikan intervensi yang lebih lama, metode kolaboratif, pelatihan pendidik, dan penelitian yang lebih komprehensif. Dengan penggunaan yang tepat, GeoGebra memiliki potensi besar sebagai alat inovatif dalam pembelajaran aljabar.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Masnia, M., Sohilait, E., & Adha Diana, H. (2025). INTEGRASI GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BERPIKIR ALJABAR. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 12–19. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5066

Conference Proceedings Volume

Section

Articles