PENGGUNAAN GOOGLE SITES SEBAGAI MEDIA INOVATIF DALAM PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Taufan Untung Wibowo Silitonga SDN 33 Pontianak Utara, Pontianak, Kalimantan Barat

Keywords:

Bernalar Kritis, Google site, Media Inovatif, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan Google Sites sebagai media inovatif dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada siswa kelas 5 di SDN 33 Pontianak Utara, dengan fokus pada pengembangan dimensi bernalar kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen, di mana kelompok eksperimen menggunakan Google Sites sebagai platform pembelajaran, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Google Sites digunakan sebagai media pembelajaran yang memungkinkan siswa mengakses materi dan menyelesaikan tugas-tugas analitis secara daring. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan keterampilan bernalar kritis pada siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan Google Sites mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan bernalar kritis dibandingkan dengan kelompok kontrol. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media digital seperti Google Sites dapat secara efektif meningkatkan pemahaman dan keterampilan berpikir kritis siswa, serta mendukung pencapaian tujuan pendidikan yang sesuai dengan kurikulum Merdeka.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Silitonga, T. U. W. (2025). PENGGUNAAN GOOGLE SITES SEBAGAI MEDIA INOVATIF DALAM PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 464–472. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5067

Conference Proceedings Volume

Section

Articles