PENERAPAN LESSON STUDY DENGAN BAHAN AJAR KOMIK SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS IV SDN 57 KOTA BENGKULU

Authors

  • Neza Agusdianita Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bengkulu, Bengkulu
  • Yusnia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bengkulu, Bengkulu
  • Anissa Marcela Aizara Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bengkulu, Bengkulu
  • Nurdyta Risnovia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bengkulu, Bengkulu
  • Anggi Triwahyuni Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bengkulu, Bengkulu
  • Rahmadaniati Putri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bengkulu, Bengkulu

Keywords:

Bahan Ajar, komik, IPAS, Sissistem Pernapasan Manusia, Lesson Study, hasil belajar siswa

Abstract

 Selaras dengan kemajuan teknologi munculah berbagai macam bahan ajar yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya ialah komik. Pada Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Lesson Study dengan bahan ajar komik pada materi sistem pernapasan manusia untuk siswa kelas IV di SDN 57 Kota Bengkulu. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya literasi sains di Indonesia, sebagaimana ditunjukkan dalam hasil PISA, yang menyoroti perlunya inovasi dalam pemilihan bahan ajar. Komik sebagai media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran. Metodologi Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lesson Study, yang melibatkan kolaborasi antara guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini adalah bahan ajar komik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Neza Agusdianita, Yusnia, Anissa Marcela Aizara, Nurdyta Risnovia, Anggi Triwahyuni, & Rahmadaniati Putri. (2025). PENERAPAN LESSON STUDY DENGAN BAHAN AJAR KOMIK SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS IV SDN 57 KOTA BENGKULU. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 442–451. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5072

Conference Proceedings Volume

Section

Articles