MENINGKATKAN NASIONALISME ANAK USIA 4-7 TAHUN MELALUI METODE SOSIODRAMA PERISTIWA HOTEL YAMATO DI TK ABA 11 KOTA MADIUN

Authors

  • Dian Silva Kusumawati Universitas Terbuka,Tangerang Selatan
  • Titi Chandrawati Universitas Terbuka,Tangerang Selatan

Keywords:

anak usia dini; bermain peran; nasionalisme; peristiwa hotel yamato; sosiodrama

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan rasa nasionalisme pada anak yang berusia 4-7 tahun melalui metode sosiodrama dengan tema peristiwa bersejarah Hotel Yamato di TK ABA 11 Kota Madiun. Nasionalisme adalah salah satu nilai penting yang perlu ditanamkan sejak dini untuk memperkuat identitas kebangsaan dan cinta tanah air pada anak-anak. Sosiodrama dipilih sebagai metode pembelajaran interaktif yang mampu mengajak anak untuk memahami dan merasakan nilai-nilai nasionalisme melalui pengalaman bermain peran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan selama beberapa siklus kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan sikap nasionalisme pada anak setelah terlibat dalam kegiatan sosiodrama Hotel Yamato yang berfokus pada peristiwa perobekan bendera Belanda, ditunjukkan melalui antusiasme dan pemahaman anak terhadap konsep nasionalisme seperti cinta tanah air, menghormati pahlawan, dan kesatuan bangsa. Temuan ini mengindikasikan bahwa metode sosiodrama merupakan metode yang efektif dalam meningkatkan nilai nasionalisme pada anak usia dini

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Silva Kusumawati, D., & Chandrawati, T. (2025). MENINGKATKAN NASIONALISME ANAK USIA 4-7 TAHUN MELALUI METODE SOSIODRAMA PERISTIWA HOTEL YAMATO DI TK ABA 11 KOTA MADIUN. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 29–40. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5076

Conference Proceedings Volume

Section

Articles