UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL

Authors

  • Yusnia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bengkulu, Bengkulu
  • Neza Agusdianita Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Bengkulu
  • Irfan Supriatna Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bengkulu, Bengkulu
  • Luzzy Anne Sanche Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bengkulu, Bengkulu
  • Dwi Junisyah Nur Afni Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bengkulu, Bengkulu
  • Arina Sifa Ilhami Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bengkulu, Bengkulu
  • Fauzia Septi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bengkulu, Bengkulu
  • Muhammad Cokro Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bengkulu, Bengkulu

Keywords:

Model Problem Based Learning, Wordwall, Aktivitas, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning berbantuan media wordwall untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VA SDN 38 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SDN 38 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk setiap kategori. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPAS menggunakan model PBL. Hasil skor rata-rata aktivitas siswa siklus I diperoleh 39 kategori cukup dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 56 kategori baik. Hasil prestasi belajar pada mata pelajaran IPAS siklus I didapatkan rata-rata kelas sebesar 70,37 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,5%, pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 83,33 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media wordwall dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas VA SDN 38 Kota Bengkulu

Author Biography

Yusnia, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bengkulu, Bengkulu

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning berbantuan media wordwall untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VA SDN 38 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SDN 38 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk setiap kategori. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPAS menggunakan model PBL. Hasil skor rata-rata aktivitas siswa siklus I diperoleh 39 kategori cukup dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 56 kategori baik. Hasil prestasi belajar pada mata pelajaran IPAS siklus I didapatkan rata-rata kelas sebesar 70,37 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,5%, pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 83,33 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media wordwall dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas VA SDN 38 Kota Bengkulu.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Yusnia, Agusdianita, N., Supriatna, I., Anne Sanche, L., Junisyah Nur Afni, D., Sifa Ilhami, A., … Cokro, M. (2025). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 498–507. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5077

Conference Proceedings Volume

Section

Articles