UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL
Keywords:
Model Problem Based Learning, Wordwall, Aktivitas, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning berbantuan media wordwall untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VA SDN 38 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SDN 38 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk setiap kategori. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPAS menggunakan model PBL. Hasil skor rata-rata aktivitas siswa siklus I diperoleh 39 kategori cukup dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 56 kategori baik. Hasil prestasi belajar pada mata pelajaran IPAS siklus I didapatkan rata-rata kelas sebesar 70,37 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,5%, pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 83,33 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media wordwall dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas VA SDN 38 Kota Bengkulu
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.