MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA KELOMPOK A TK MEKAR PUTATBANGAH KARANGBINANGUN LAMONGAN

Authors

  • Anis Watin
  • Titi Chandrawati PGPAUD, Universitas Terbuka, Jawa Timur

Keywords:

Kemampuan Bahasa, Membaca Pemulaan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak menggunakan media kartu huruf yang diterapkan pada kelompok A di TK Mekar Putatbangah, Kecamatan Karangbinangun, Kabupaten Lamongan. Penelitian Tindakan kelas di pilih sebagai metode penyusunan artikel ini, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dari setiap siklus meliputi, tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 10 anak kelompok A di TK Mekar Putatbangah, yang terdiri atas 5 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Cara pengumpulan data yaitu melalui metode observasi dan dokumentasi. Dapat disimpulkan Peningkatan kegiatan belajar anak didik berdampak positif pada perkembangan Bahasa anak. Kegiatan belajar membaca dengan kartu huruf mampu meningkatkan kemampuan koordinasi mata, telinga dan mulut anak.

 

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Watin, A., & Chandrawati, T. (2025). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA KELOMPOK A TK MEKAR PUTATBANGAH KARANGBINANGUN LAMONGAN. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 211–222. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5084

Conference Proceedings Volume

Section

Articles