PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM TRANSFORMASI DIGITAL PENGAJARAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA ASING (EFL) BAGI GENERASI Z
Keywords:
Generasi Z, media sosial, EFL, transformasi digital, pembelajaran bahasa InggrisAbstract
Generasi Z, yang dikenal sebagai digital natives, tumbuh dengan akses yang luas terhadap teknologi dan media sosial. Dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing (English as a Foreign Language, EFL), media sosial telah menjadi alat yang potensial untuk meningkatkan keterampilan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pemanfaatan media sosial dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Inggris di kalangan siswa Generasi Z. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data mengenai frekuensi penggunaan media sosial, platform yang paling sering digunakan, serta persepsi siswa tentang efektivitas media sosial dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris, termasuk kosakata, kemampuan berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai peran media sosial dalam mendukung transformasi digital dalam pengajaran EFL, serta mengidentifikasi tantangan yang mungkin dihadapi oleh siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi terkait integrasi media sosial yang lebih efektif dalam pembelajaran EFL bagi Generasi Z
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.