PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA POKOK BAHASAN POLIMER

Authors

  • Wahyu Fatihah SMAN 4 Cilegon, Kota Cilegon

Keywords:

kearifan lokal; pembelajaran berdiferensiasi; polimer

Abstract

Penerapan pembelajaran berdiferensiasi adalah upaya untuk memahami perbedaan potensi dan gaya belajar peserta didik, sehingga dapat menciptakan suasana dan hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi berbasis kearifan lokal pada pokok bahasan polimer dalam upaya meningkatkan minat dan keterlibatan peserta didik selama proses pembelajaran. Kegiatan dilakukan melalui dua pendekatan, yakni praktikum untuk pembahasan polimer alami dan kegiatan outing class ke pabrik untuk mengamati proses pembuatan polimer buatan. Penelitian merupakan hasil praktik baik dan metode  penelitian yang digunakan adalah deskriptif dari pengamatan selama proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui kuisioner refleksi hasil belajar yang diisi setelah kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil refleksi pembelajaran menunjukkan sebanyak 36,4% peserta didik menjawab setuju, dan 48,6% menjawab sangat setuju dengan model pembelajaran yang telah dilaksanakan. Hal ini menunjukkan bahwa 85% peserta didik sangat antusias mengikuti proses pembelajaran menggunakan metoda praktikum dan outing class. Kesimpulan penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis kearifan lokal berhasil meningkatkan minat belajar dan keterlibatan siswa secara aktif selama proses pembelajaran, serta memperkaya pengalaman belajar melalui pendekatan yang lebih kontekstual dan relevan dengan lingkungan sekitar.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Fatihah, W. (2025). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA POKOK BAHASAN POLIMER. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 59–65. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5088

Conference Proceedings Volume

Section

Articles