LITERASI DIGITAL UNTUK MEMBERDAYAKAN GENERASI Z DALAM MENDUKUNG SDGS DI PENDIDIKAN MADRASAH

Authors

  • Dodi Saputra MAN Insan Cendekia Padang Pariaman

Keywords:

literasi digital; pendidikan; generasi z; SDGs

Abstract

Penelitian ini menganalisis peran transformasi literasi digital dalam mempersiapkan generasi Z sebagai pembelajar masa depan yang tanggap terhadap tantangan global sesuai prinsip Sustainable Development Goals (SDGs). Metode campuran digunakan dalam penelitian ini, mencakup survei dan observasi partisipatif terhadap siswa madrasah di Indonesia. Studi ini menyoroti peran teknologi digital dan kolaborasi dengan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam mendukung pendidikan berbasis literasi digital yang inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan digital dan akses bahan bacaan relevan meningkatkan minat baca serta keterampilan literasi kritis siswa. Namun, tantangan akses teknologi masih menjadi hambatan, khususnya di daerah pedesaan dengan infrastruktur terbatas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan literasi digital berbasis SDGs meningkatkan kualitas pendidikan dan membekali generasi Z dengan kompetensi masa depan. Rekomendasi praktis mencakup integrasi teknologi digital dengan inisiatif literasi berbasis komunitas untuk mengatasi tantangan akses dan memperluas kolaborasi.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Saputra, D. (2025). LITERASI DIGITAL UNTUK MEMBERDAYAKAN GENERASI Z DALAM MENDUKUNG SDGS DI PENDIDIKAN MADRASAH. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 66–73. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5090

Conference Proceedings Volume

Section

Articles