PENERAPAN TEORI BELAJAR KOGNITIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KONKRET SATE PIDAK

Authors

  • Eri Irianto Magister Pendidikan Dasar, Universitas Terbuka, Lampung

Keywords:

Teori Belajar Kognitif, Media Konkret,, Sate Pidak

Abstract

Teori belajar kognitif adalah teori yang menekankan pada proses pelaksanaan pembelajaran. Pada teori belajar kognitif, guru menyampaikan materi belajar kepada siswa sesuai dengan kemampuan dan perkembangan kognitif siswa. Permasalahan yang penulis rumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan teori belajar kognitif dengan menggunakan media pembelajaran konkret sate pidak. Sate pidak merupakan media pembelajaran konkret yang mengusung muatan kearifan lokal daerah Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pernerapan teori belajar kognitif menggunakan media pembelajaran konkret sate pidak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas 4 sebanyak 20 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori belajar kognitif menggunakan media konkret sate pidak dapat mengkontekstualkan materi pelajaran matematika tentang pembagian.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Irianto, E. (2025). PENERAPAN TEORI BELAJAR KOGNITIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KONKRET SATE PIDAK. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 242–248. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5092

Conference Proceedings Volume

Section

Articles