KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN PROYEK DI PAUD LOKATMALA PACET
Keywords:
anak usia dini, bermain proyekAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa perkembangan kreativitas anak belum mencapai harapan yang diinginkan. Mengingat pentingnya kreativitas dalam berbagai aspek kehidupan, maka pengembangan kreativitas sejak usia dini menjadi sangat penting. Kreativitas memiliki peranan yang signifikan dalam menjamin keberlangsungan hidup anak di masa yang akan datang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik melalui berbagai kegiatan bermain proyek yang menyenangkan. Objek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B yang terdiri dari 4 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran pada siklus I, terlihat bahwa tingkat kreativitas anak masih rendah. Terdapat 10% peserta didik yang memenuhi kriteria "Belum Berkembang" (BB), sedangkan tidak ada peserta didik yang mencapai kriteria "Berkembang Sangat Baik" (BSB). Namun, setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan dalam tingkat kreativitas peserta didik. Hasil rata-rata persentase pencapaian keseluruhan pada siklus II menunjukkan hasil yang sesuai dengan indikator keberhasilan. Terdapat peningkatan sebesar 30% dengan mencapai kriteria "Berkembang Sangat Baik" (BSB), dan 70% peserta didik mencapai kriteria "Berkembang Sesuai Harapan" (BSH). Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan bermain proyek dapat efektif meningkatkan kreativitas peserta didik kelompok B di PAUD Lokatmala Maleber Pacet.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.