PENERAPAN TEKNOLOGI KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE, AI) DALAM BIDANG PENDIDIKAN MENUJU GENERASI INDONESIA EMAS 2045

Authors

  • Amalia Agustina Universitas Terbuka
  • Yaya Suharya Universitas Terbuka

Keywords:

generasi Indonesia emas 2024, kecerdasan buatan, penerapan teknologi

Abstract

Penerapan Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dalam pendidikan menjadi langkah strategis untuk mewujudkan Generasi Indonesia Emas 2045. Penelitian ini mengkaji integrasi teknologi terkini pada pembelajaran di era revolusi industri 4.0 yang membawa perubahan signifikan, termasuk dalam pendidikan. Perubahan zaman yang semakin kompleks menuntut sistem pendidikan yang kompetitif untuk menjawab kebutuhan dan tantangan global. Pendidikan harus memberikan wawasan yang realistis dan inklusif tentang dinamika dunia, guna mempersiapkan generasi yang tangguh, berdaya saing, bermakna, bernilai, serta mencerminkan karakter keberagaman bangsa. Selain itu, penguatan kapasitas pendidik juga menjadi fokus penting. Metode penelitian ini adalah studi literatur dengan mengacu pada berbagai sumber seperti jurnal, artikel, buku, dan dokumen relevan. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan teknologi AI di bidang pendidikan merupakan kunci utama dalam membentuk generasi masa depan yang beretika, berbudaya, dan mampu bersaing di dunia industri dan global.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Amalia Agustina, & Yaya Suharya. (2025). PENERAPAN TEKNOLOGI KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE, AI) DALAM BIDANG PENDIDIKAN MENUJU GENERASI INDONESIA EMAS 2045. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 129–138. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5096

Conference Proceedings Volume

Section

Articles