PENERAPAN MODEL TGT DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS & HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VD SDN 5 KOTA BENGKULU
Keywords:
hasil belajar; model TGT; pendidikan pancasilaAbstract
Seiring perkembangan zaman pada saat ini, pendidikan sangatlah penting bagi seseorang tanpa adanya pendidikan, kehidupan tidak dapat terkendali dengan baik. Di dalam sebuah pendidikan perlu adanya proses pembelajaran untuk menciptakan kemampuan yang kreatif dan inovatif. Maka dari itu untuk membentuk siswa yang kreatif memerlukan sebuah model pembelajaran yang efektif, agar siswa dapat terlibat secara langsung di dalam proses pembelajaran. Namun kenyataannya di lapangan SDN 05 Kota Bengkulu pada saat ini siswa hanya menjadi pendengar, dan guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga menciptakan siswa yang pasif, sibuk sendiri, mengantuk, bahkan mencari keributan untuk menghindari kebosanan. Dengan adanya permasalahan tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa yang rendah di mana dapat dibuktikan dengan nilai sumatif siswa yang masih 70% dibawah KKTP yang ditetapkan dalam pembelajaran pendidikan pancasila. Maka dari itu untuk mengatasi permasalahan tersebut memerlukan model yang efektif agar siswa dapat terlibat secara aktif di dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat menciptakan keterlibatat ( TGT) di mana menurut Mahardi et al., (2019) TGT adalah Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) merupakan model pembelajaran dengan siswa belajar secara berkelompok. TGT sangat mudah diterapkan dikalangan peserta didik dimana model ini menekankan pada keaktifan dan kerjasama seluruh siswa. Model ini mampu melibatkan aktivitas seluruh siswa dengan mengandung unsur permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan pancasila pada siswa kelas VD SDN 05 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Lesson Study dimana Lesson Study ini memiliki prosedur penelitian yang akan di laksanakan yang terdiri dari empat tahapan yaitu (1) perencanaan; (2) Pelaksanaan; (3) pengamatan;(4) Refleksi dan (5) Tindak lanjut (Arikunto),. S.et al (2015:42). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VD SD Negeri 05 Kota Bengkulu. Dan objek dalam penelitian ini yaitu Hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan pancasila. Dalam meningkatkan hasil belajar, adapun ranah kognitif yang akan dicapai yaitu dari C4- C5. Teknik yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi aktivitas siswa dan guru, dan Tes.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.