STRATEGI PENDAMPINGAN SATUAN PENDIDIKAN PAUD KELOMPOK BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN MENYENANGKAN MELALUI KEGIATAN LEMBAGA MASUK DESA (LMD)

Authors

  • Saiful Amri Bidang PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Keywords:

belajar kunjung, pembelajaran menyenangkan, Pemerintahan desa, pendampingan

Abstract

Pembelajaran di Satuan Pendidikan (Satdik) PAUD Kelompok Bermain (Kober) seyogyanya diciptakan dalam suasana yang menyenangkan. Pembelajaran yang monoton di dalam kelas akan menciptakan suasana yang membosankan. Inilah alasan mengapa penelitian ini dilakukan. Penelitian berusaha memfasilitasi pembelajaran menyenangkan melaui kegiatan Lembaga Masuk Desa (LMD). Tujuan penelitian ini untuk; 1) menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, 2) mengenalkan peserta didik pada kegiatan Pemerintahan Desa, dan 3) menciptakan pendampingan penilik kepada guru PAUD Kober yang lebih responsif. Penelitian ini menggunakan strategi dengan langkah-langkah; ”Bagi Info, Respons, Pendampingan, Aksi, dan Refleksi (Bio Redaksi)” dengan metode penelitian menggunakan Pendekatan Deskriptif. Penelitian ini menggunakan sumber-sumber yang relevan, seperti jurnal, media massa, atau buku ilmiah. Metode penelitian ini digunakan untuk menggambarkan situasi lapangan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1). peserta didik merasakan senang melakukan pembelajaran kunjung ke Pemerintahan Desa; 2) peserta didik mengenal lebih dekat tentang aktivitas Pemerintahan Desa; dan 3) kegiatan pendampingan Penilik kepada Satdik PAUD Kober berjalan lebih responsif antara Penilik dengan Kepala Satdik dan guru-guru PAUD Kober. Penelitian ini juga memperoleh temuan bahwa Pemerintahan Desa menyadari perannya agar lebih aktif kepada Satdik PAUD Kober di desanya sebagai bagian dari tanggung jawab mereka

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Saiful Amri. (2025). STRATEGI PENDAMPINGAN SATUAN PENDIDIKAN PAUD KELOMPOK BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN MENYENANGKAN MELALUI KEGIATAN LEMBAGA MASUK DESA (LMD). Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 249–259. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5100

Conference Proceedings Volume

Section

Articles