PRACTICAL STRATEGIES FOR NURSING STUDENTS TO IMPROVE ENGLISH SPEAKING
Keywords:
bahasa Inggris untuk tujuan keperawatan, praktik berbahasa Inggris, strategi pembelajaran bahasaAbstract
Mahasiswa keperawatan perlu menguasai bahasa Inggris untuk memberikan perawatan yang bertanggung jawab, efektif, dan penuh kasih. Program English for Nursing Purposes (ENP) membantu mereka meningkatkan kemampuan ini dengan menghadirkan skenario dunia nyata yang relevan dengan keperawatan, meskipun waktu pembelajaran terbatas. Penguasaan keterampilan berbicara bahasa Inggris membutuhkan latihan, sehingga mahasiswa diharapkan menerapkan strategi dalam praktik berbicara. Penelitian ini mengeksplorasi strategi yang digunakan mahasiswa keperawatan dalam praktik berbahasa Inggris melalui survei dengan kuesioner Language Learning Strategies Questionnaire (LLSQ). Survei diikuti oleh 100 mahasiswa keperawatan dari program pendidikan tinggi kejuruan secara sukarela. Kuesioner yang didistribusikan online melalui Google Forms berisi 20 pernyataan dan dua pertanyaan terbuka untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan strategi metakognitif, kognitif, dan berbasis teknologi dalam praktik berbicara bahasa Inggris mereka. Kesimpulannya, penerapan berbagai strategi secara seimbang dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris secara efektif.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.