PRACTICAL STRATEGIES FOR NURSING STUDENTS TO IMPROVE ENGLISH SPEAKING

Authors

  • Aisha Nada Revelia Ahmad
  • Aulia Fitriani Health Polytechnic of Ministry of Health, South Jakarta, DKI Jakarta
  • Audi Yundayani STKIP Kusuma Negara, Jakarta

Keywords:

bahasa Inggris untuk tujuan keperawatan, praktik berbahasa Inggris, strategi pembelajaran bahasa

Abstract

Mahasiswa keperawatan perlu menguasai bahasa Inggris untuk memberikan perawatan yang bertanggung jawab, efektif, dan penuh kasih. Program English for Nursing Purposes (ENP) membantu mereka meningkatkan kemampuan ini dengan menghadirkan skenario dunia nyata yang relevan dengan keperawatan, meskipun waktu pembelajaran terbatas. Penguasaan keterampilan berbicara bahasa Inggris membutuhkan latihan, sehingga mahasiswa diharapkan menerapkan strategi dalam praktik berbicara. Penelitian ini mengeksplorasi strategi yang digunakan mahasiswa keperawatan dalam praktik berbahasa Inggris melalui survei dengan kuesioner Language Learning Strategies Questionnaire (LLSQ). Survei diikuti oleh 100 mahasiswa keperawatan dari program pendidikan tinggi kejuruan secara sukarela. Kuesioner yang didistribusikan online melalui Google Forms berisi 20 pernyataan dan dua pertanyaan terbuka untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan strategi metakognitif, kognitif, dan berbasis teknologi dalam praktik berbicara bahasa Inggris mereka. Kesimpulannya, penerapan berbagai strategi secara seimbang dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris secara efektif.

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Ahmad, A. N. R. ., Fitriani, A., & Yundayani, A. (2025). PRACTICAL STRATEGIES FOR NURSING STUDENTS TO IMPROVE ENGLISH SPEAKING. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 139–150. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5101

Conference Proceedings Volume

Section

Articles