PENGARUH TOXIC PARENTS TERHADAP PERILAKU EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI DESA UJUNG MANIK
Keywords:
anak usia dini, emosional, toxic parentsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampat negatif dari toxic parents’ yang bisa mempengaruhi emosional anak usia dini, yang termasuk perasaan cemas, takut atau frustasi. Peran orang tua sangat penting dalam perkembangan anak terutama pada perkembangan emosional anak yang merupakan fase kritis pembentukan karakter dan perilaku. Toxic parents merupakan penerapan pola asuh orang tua yang mengacu pada dampak buruk bagi anak, baik secara mental maupun fisik. Ciri ciri toxic parents adalah berlebihan untuk mengatur dan mengontrol anak, sering mengabaikan dan menyalahkan anak bahkan bisa juga sampai menyakiti anak dengan kekerasan fisik. penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Subyek dalam penelitian ini adalah orang tua yang berjumlah 5 orang. Metode atau pengambilan sampel ini menggunakan Teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan perhitungan statistik korelasi. Hasil penelitian inian ini menunjukan bahwa anak yang terpapar perilaku toxic dari orang tua memiliki potensi yang besar untuk mengalami gangguan dalam perkembangan emosional anak. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk memahami pola asuh yang tidak baik serta mengupayakan intervensi dini untuk mencegah efek jangka Panjang pada perilakuemosional anak usia dini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa anak yang terpapar perilaku toxic dari orang tua memiliki potensi yang besar untuk mengalami gangguan dalam perkembangan emosional anak. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk memahami pola asuh yang tidak baik serta mengupayakan intervensi dini untuk mencegah efek jangka Panjang pada perilaku emosional anak usia dini.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.