PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (LHO) DENGAN MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE

Authors

  • Faijah Ida Fatmawati SMP N 8 Magelang

Keywords:

asesmen, interaktif, motivasi belajar, quizizz paper mode

Abstract

Penggunaan media pembelajaran interaktif di abad ke-21 telah menjadi kebutuhan utama. Hal ini disebabkan perlunya pemenuhan kebutuhan belajar siswa salah satunya, yakni motivasi belajar. Penggunaan Quizizz Paper Mode dapat menjadi salah satu alternatif pilihan. Media pembelajaran berbasis kuis ini menggunakan kertas berisikan Q Card/QR yang dapat dipindai untuk mengetahui jawaban yang benar. Praktik baik ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pemenuhan kebutuhan belajar dengan media pembelajaran interaktif berupa Quizizz Paper Mode sebagai asesmen formatif tentang kebahasaan Teks LHO pada siswa kelas VIII/Fase D di SMP N 8 Magelang, Jawa Tengah. Dengan menggunakan kuisioner dengan pertanyaan terbuka dan tertutup, diperoleh hasil (1) partisipasi siswa dalam proses belajar Teks LHO meningkat dan dapat membantu siswa lebih memahami kebahasaan Teks LHO, (2) Quizizz Paper Mode cukup efektif digunakan sebagai media pembelajaran interaktif sehingga motivasi belajar siswa meningkat, dan (3) dengan media pembelajaran interaktif Quizizz Paper Mode ini, hasil belajar kebahasaan Teks LHO meningkat. Oleh karena itu, vasiasi penggunaan media pembelajaran yang tepat sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Faijah Ida Fatmawati. (2025). PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (LHO) DENGAN MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 279–287. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5120

Conference Proceedings Volume

Section

Articles