ANALISIS PENGGUNAAN QUIZIZZ DALAM PENINGKATKAN LITERASI DIGITAL GENERASI Z MENDUKUNG SDGs

Authors

  • Try Apriani Atieka Universitas Cendekia Abditama, Tangerang

Keywords:

generasi z; literasi digital; quizizz; SDGs

Abstract

: Inovasi teknologi dan pendidikan berperan penting dalam mewujudkan Sustainable
Development Goals (SDGs), khususnya meningkatkan kualitas pendidikan (SDGs 4).
Transformasi digital menjadi kunci pembelajaran bagi Generasi Z, dan Quizizz sebagai alat
pembelajaran digital dirancang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Penelitian ini menganalisis
efektivitas Quizizz dalam meningkatkan literasi digital mahasiswa Universitas Cendekia
Abditama Tangerang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan uji regresi
linier untuk menganalisis data dari angket literasi digital. Wawancara juga dilakukan untuk
menggali persepsi mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh positif antara
penggunaan Quizizz dan peningkatan literasi digital. Fitur interaktif, seperti poin dan umpan balik
langsung, terbukti meningkatkan motivasi dan keterampilan digital mahasiswa. Penelitian ini
merekomendasikan Quizizz sebagai media pembelajaran efektif yang mendukung literasi digital.
Hal ini sejalan dengan upaya menciptakan pendidikan yang inklusif dan merata sesuai tujuan
SDGs.

Downloads

Published

2025-02-21

How to Cite

Atieka, T. A. (2025). ANALISIS PENGGUNAAN QUIZIZZ DALAM PENINGKATKAN LITERASI DIGITAL GENERASI Z MENDUKUNG SDGs. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 177–188. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5140

Conference Proceedings Volume

Section

Articles