MENGINTEGRASIKAN SDGs DALAM KURIKULUM DI CLC : PERSIAPAN GENERASI Z SEBAGAI PEMBELAJAR BERKELANJUTAN

Authors

  • Aiza Sunarto Community Learning Centre, Sabah, Malaysia.

Keywords:

Community Learning Centre, SDGs, Integrasi Kurikulum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti integrasi Sustainable Development Goals (SDGs)
dalam kurikulum Community Learning Centre (CLC) di luar negeri sebagai upaya
mempersiapkan Generasi Z menjadi pembelajar berkelanjutan yang siap menghadapi tantangan
global. SDGs, khususnya SDG 4 tentang pendidikan berkualitas, menyediakan kerangka bagi
pendidikan yang inklusif dan berwawasan masa depan. Generasi Z yang belajar di CLC
dihadapkan pada kondisi pendidikan yang berbeda, sehingga diperlukan kurikulum yang mampu
menjembatani kebutuhan keterampilan abad ke-21 dengan nilai-nilai berkelanjutan.Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus di beberapa CLC yang telah menerapkan
kurikulum berbasis SDGs. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis
dokumen kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi SDGs dalam kurikulum CLC
meningkatkan kesadaran siswa tentang isu lingkungan, keadilan sosial, dan kesejahteraan
masyarakat, serta mendorong pengembangan keterampilan penting seperti pemikiran kritis,
kolaborasi, dan literasi digital. Meskipun demikian, penelitian ini juga menemukan tantangan
dalam penerapan kurikulum berbasis SDGs, terutama keterbatasan sumber daya dan dukungan
kebijakan yang konsisten. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kurikulum berbasis SDGs di CLC
dapat mempersiapkan Generasi Z sebagai pembelajar berkelanjutan yang siap menjadi agen
perubahan.

Downloads

Published

2025-02-21

How to Cite

Sunarto, A. (2025). MENGINTEGRASIKAN SDGs DALAM KURIKULUM DI CLC : PERSIAPAN GENERASI Z SEBAGAI PEMBELAJAR BERKELANJUTAN. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 200–210. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5141

Conference Proceedings Volume

Section

Articles