PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM PENGAJARAN: SEBUAH PENELITIAN NARATIF DARI CALON GURU BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH
Keywords:
metode naratif; praktik baik; teknologi; Quizizz; mahasiswaAbstract
Studi ini mengeksplorasi pengalaman calon guru bahasa Inggris selama praktik
mengajar (PPL B) dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan proses pembelajaran,
dengan fokus pada perannya dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs),
khususnya dalam Pendidikan Berkualitas. Dengan menggunakan metode naratif, studi ini
menggali cerita-cerita dari mahasiswa yang telah mengintegrasikan teknologi dalam kelas
mereka. Cerita-cerita ini diperoleh dari wawancara mendalam dan kerangka naratif terhadap
seorang mahasiswa calon guru yang mengajar bahasa Inggris di tingkat Sekolah Menengah Atas.
Hasil temuan menunjukkan bahwa Quizizz adalah jenis teknologi yang digunakan oleh
mahasiswa tersebut dalam mengajar bahasa Inggris. Teknologi ini dapat mendorong lingkungan
belajar yang lebih interaktif dan inklusif bagi siswa di kelas bahasa Inggris sehingga tujuan
pengajaran dapat tercapai dengan sukses. Karena siswa sudah terbiasa menggunakan teknologi,
terutama smartphone, maka tidak banyak hambatan dalam penerapan teknologi ini, dan siswa pun
bersedia menggunakan data seluler mereka untuk mengakses Quizizz di kelas tanpa perlu
menggunakan wifi sekolah. Selain itu, siswa sangat antusias dan aktif dalam menggunakan
Quizizz selama pelajaran. Oleh karena itu, studi ini memberikan rekomendasi untuk
meningkatkan integrasi teknologi dalam pendidikan dan berkontribusi pada wacana tentang
bagaimana inovasi digital dapat mendukung tujuan pendidikan untuk generasi Z
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.