THE IMPORTANCE OF HUMANISM EDUCATION FOR MADRASAH TSANAWIYAH STUDENTS IN THE 21ST CENTURY GLOBALIZATION ERA
Keywords:
abad 21, globalisasi, humanismeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya pendidikan humanisme bagi peserta didik Madrasah Tsanawiyah (MTs) di era globalisasi abad 21. Pendidikan humanisme dianggap sebagai komponen penting dalam pembentukan
karakter yang mampu menjawab tantangan globalisasi, seperti dehumanisasi dan meningkatnya polarisasi sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed method) dengan desain eksplanatori. Subyek penelitian adalah peserta didik dan guru di beberapa MTs di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan selama enam bulan, dari Januari hingga Juni 2024. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam,
dan angket. Data kualitatif dianalisis menggunakan analisis tematik, sementara data
kuantitatif dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pendidikan humanisme memiliki peran signifikan dalam membentuk karakter peserta
didik MTs. Pendidikan humanisme yang terintegrasi dengan kurikulum berbasis agama
mampu meningkatkan kesadaran sosial, toleransi, dan etika peserta didik. Namun,
tantangan utama dalam implementasi pendidikan humanisme adalah keterbatasan sarana
dan pemahaman guru dalam mengaplikasikan nilai-nilai humanisme secara komprehensif. Kesimpulannya, pendidikan humanisme penting untuk diperkuat di Madrasah Tsanawiyah sebagai fondasi bagi pembentukan karakter peserta didik dalam
menghadapi era globalisasi yang kompleks
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.