PENGUATAN KARAKTER ANAK ERA SOCIETY 5.0: STRATEGI INOVATIF MELALUI BUKU PILAR KARAKTER DI TK ABA PANCURENDANG

Authors

  • Okti Meiliyani Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Labib Sajawandi Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Keywords:

Karakter; Era society5.0; buku pilar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Penguatan Pendidikan karakter anak era society 5.0,
Dimana peran manusia banyak diambil alih oleh teknologi namun tidak dengan karakter. Karakter
harus di bangun oleh orang tua, guru dan Masyarakat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan
strategi inovasi pembelajaran melalui buku pilar karakter yang di susun oleh Indonesia Heritage
Fondation (IHF). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualilatif melalui pembiasaan dan
keteladanan yang diaplikasikan dalam rencana pembelajaran menggunakan metode Penelitian
Tindakan kelas (PTK) di TK ABA Pancurendang. Sumber data yang di gunakan dalam penelitian
ini adalah siswa kelas B yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan
metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Penguatan Pendidikan
Karakter pada anak Era Society 5.0 dapat ditingkatkan melalui Pembiasaan dan Keteladanan
Menggunakan Media pembelajaran buku pilar karakter. Siswa yang memiliki karakter positif
sebelum diadakan Tindakan sebanyak 20%, pada siklus satu terjadi peningkatan menjadi 50%,
dan pada siklus dua menjadi 80%. Kesimpulannya, pendidikan karakter di Era Society 5.0 dapat
diperkuat melalui kolaborasi antara guru, orang tua, dan masyarakat, dengan memanfaatkan
media pembelajaran berbasis karakter seperti buku Pilar Karakter.

Downloads

Published

2025-02-21

How to Cite

Meiliyani, O., & Sajawandi, L. (2025). PENGUATAN KARAKTER ANAK ERA SOCIETY 5.0: STRATEGI INOVATIF MELALUI BUKU PILAR KARAKTER DI TK ABA PANCURENDANG. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 538–545. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5144

Conference Proceedings Volume

Section

Articles