HUBUNGAN ANTARA KEDEKATAN GURU DENGAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI POS PAUD TERATAI DESA GLEMPANG
Keywords:
hasil belajar; kedekatan guru; peserta didikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kedekatan guru dengan peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik di POS PAUD Teratai Desa Glempang Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu seluruh peserta didik di POS PAUD Teratai Desa Glempang yang berjumlah 18 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrument yang dilakukan adalah uji validitas
dengan teknik korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas dengan rumus Cronbach Alpha. Adapun teknis analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan uji korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: kedekatan guru dengan peserta didik termasuk dalam kategori baik dengan presentase 78%, dan hasil belajar termasuk kategori baik
dengan presentase 76%. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kedekatan guru dengan peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik. Dengan adanya hasil penelitian ini, guru hendaknya lebih memperhatikan kedekatan positif dengan peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.