HUBUNGAN ANTARA KEDEKATAN GURU DENGAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI POS PAUD TERATAI DESA GLEMPANG

Authors

  • Mia Setiya Rini POS PAUD Teratai Glempang, Banyumas
  • Labib Sajawandi Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Keywords:

hasil belajar; kedekatan guru; peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kedekatan guru dengan peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik di POS PAUD Teratai Desa Glempang Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu seluruh peserta didik di POS PAUD Teratai Desa Glempang yang berjumlah 18 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrument yang dilakukan adalah uji validitas
dengan teknik korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas dengan rumus Cronbach Alpha. Adapun teknis analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan uji korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: kedekatan guru dengan peserta didik termasuk dalam kategori baik dengan presentase 78%, dan hasil belajar termasuk kategori baik
dengan presentase 76%. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kedekatan guru dengan peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik. Dengan adanya hasil penelitian ini, guru hendaknya lebih memperhatikan kedekatan positif dengan peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar

Downloads

Published

2025-02-21

How to Cite

Rini, M. S., & Sajawandi, L. (2025). HUBUNGAN ANTARA KEDEKATAN GURU DENGAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI POS PAUD TERATAI DESA GLEMPANG. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 546–554. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5145

Conference Proceedings Volume

Section

Articles