PENGARUH METODE DISKUSI, KUIS, DAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKN KELAS X MA QODRATULLAH
Keywords:
audio visual, keaktifan belajar, kuis, metode diskusiAbstract
Kelas X Madrasah Aliyah Qodratullah saat belajar pelajaran PKn banyak siswa mengalami kesulitan memahami pembelajaran, yang terlihat dari rendahnya nilai rata-rata harian mereka. Setelah dianalisis kesulitan ini disebabkan kurangnya fokus dan keterlibatan siswa ketika sedang belajar pelajaran PKn. Untuk mengatasi kesulitan tersebut diterapkan pembelajaran di kelas X menggunakan metode diskusi,kuis dan media pembelajaran audio visual, metode ini dinilai mampu meningkatkan fokus dan keterlibatan siswa kelas X ketika sedang belajar Mata Pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase pengaruh metode pembelajaran diskusi, kuis dan media pembelajaran audio visual mampu meningkatkan daya tarik siswa dikelas X saat belajar mata pelajaran PKn. Penelitian dilakukan dengan cara menerapkan metode diskusi,kuis dan audio visual dalam pembelajaran PKn disetiap jadwal pertemuan kelas, kemudian dihitung siswa yang fokus dan terlibat aktif dalam pembelajaran, ini dilakukan dengan pengamatan langsung saat belajar, setelah itu dilakukan penilaian hasil belajar harian melalui kuis dan dicatat setiap perubahan nilainya. Setelah dilakukan penelitian didapatkan data 85% siswa kelas X Madrasah Aliyah Qodratullah mampu mengikuti pembelajaran dengan fokus dan keterlibatan aktif hal ini diikuti juga dengan meningkatnya 80% nilai rata-rata harian siswa dalam belajar PKn, metode ini memberikan dampak baik terhadap peningkatan daya tarik siswa kelas X saat belajar PKn
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.