EFEKTIVITAS MEDIA INTERAKTIF TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY BAHASA DAERAH BENGKULU DIALEK KAUR TERHADAP PEMAHAMAN BUDAYA SISWA

Authors

  • Yusnia Universitas Bengkulu
  • Debi Heryanto Universitas Bengkulu
  • Neza Agusdianita Universitas Bengkulu
  • Devi Fitriani Universitas Bengkulu

Keywords:

Augmented Reality; Bahasa dialek Kaur; Media Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran bahasa daerah Kaur saat ini menghadapi beberapa tantangan yaitu
kurangnya minat dari generasi muda dalam mengaplikasikannya dan materi pembelajaran yang
ada saat ini masih sangat tradisional dan kurang diminati oleh peserta didik. Media Pembelajaran
Bahasa Daerah yang bertujuan untuk menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran bahasa daerah.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media pembelajaran bahasa daerah Bengkulu
dialek Kaur. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh Sig.(2-tailed) = 0,003 < 0,025 dengan taraf
signifikan 5%. Analisis N-Gain menunjukkan nilai sebesar 0,5701 yang menunjukkan bahwa
media pembelajaran interaktif terintegrasi Augmented Reality memiliki efektivitas sedang dalam
pengembangannya. Dengan kata lain, intervensi yang dilakukan melalui aplikasi ini telah berhasil
meningkatkan prestasi belajar sebesar 57,01% yang dapat dikategorikan cukup efektif terhadap
kemampuan pemahaman budaya siswa.

Downloads

Published

2025-02-21

How to Cite

Yusnia, Y., Heryanto, D., Agusdianita, N., & Fitriani, D. (2025). EFEKTIVITAS MEDIA INTERAKTIF TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY BAHASA DAERAH BENGKULU DIALEK KAUR TERHADAP PEMAHAMAN BUDAYA SISWA. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 555–562. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5147

Conference Proceedings Volume

Section

Articles