UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI MEDIA DIGITAL E-PEN PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI LIMPAKUWUS

Authors

  • Fadilah Khoerunisa TK Pertiwi Limpakuwus
  • Labib Sajawandi PG PAUD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Keywords:

E-Pen, Media digital, Perkembangan bahasa

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan tujuan meningkatkan perkembangan bahasa anak dengan media digital E-Pen. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, dengan 3 pertemuan setiap siklusnya. 30 siswa kelompok B TK Pertiwi Limpakuwus di Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas adalah subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Dalam penelitian, teknik analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Pendekatan kualitatif menggunakan data yang diperoleh dalam bentuk kata-kata daripada angka atau statistik; sebaliknya, data disimpan dalam bentuk kualitatif, yang memiliki makna yang lebih luas daripada frekuensi dan angka. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan perkembangan bahasa anak melalui media digital E-Pen. Hasil dibuktikan pada kondisi awal hanya ada 9 anak atau 30% yang perkembangan bahasanya sudah berkembang sangat baik. Kemudian hasil akhirnya pada siklus II yaitu 25 anak atau 83% perkembangan bahasanya sudah tuntas. Jadi dari hasil akhir siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yaitu 36%

Downloads

Published

2025-02-21

How to Cite

Fadilah Khoerunisa, & Labib Sajawandi. (2025). UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI MEDIA DIGITAL E-PEN PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI LIMPAKUWUS. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 610–619. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5148

Conference Proceedings Volume

Section

Articles