UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI MEDIA DIGITAL E-PEN PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI LIMPAKUWUS
Keywords:
E-Pen, Media digital, Perkembangan bahasaAbstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan tujuan meningkatkan perkembangan bahasa anak dengan media digital E-Pen. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, dengan 3 pertemuan setiap siklusnya. 30 siswa kelompok B TK Pertiwi Limpakuwus di Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas adalah subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Dalam penelitian, teknik analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Pendekatan kualitatif menggunakan data yang diperoleh dalam bentuk kata-kata daripada angka atau statistik; sebaliknya, data disimpan dalam bentuk kualitatif, yang memiliki makna yang lebih luas daripada frekuensi dan angka. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan perkembangan bahasa anak melalui media digital E-Pen. Hasil dibuktikan pada kondisi awal hanya ada 9 anak atau 30% yang perkembangan bahasanya sudah berkembang sangat baik. Kemudian hasil akhirnya pada siklus II yaitu 25 anak atau 83% perkembangan bahasanya sudah tuntas. Jadi dari hasil akhir siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yaitu 36%
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.