SAINS SEBAGAI SARANA KREATIVITAS: MEMBANGUN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN SAINS DI TK BONA KECAMATAN SERANG

Authors

  • Andini Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bina Bangsa
  • Marini Magdalena Pendidikan Biologi, Universitas Bina Bangsa

Keywords:

pembelajaran sains, anak usia dini, karakter anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran pembelajaran sains yang dapat membangun karakter anak, (2) mengetahui karakter-karakter yang muncul selama pembelajaran sains, dan (3) mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perkembangan karakter anak. Penelitian ini dilaksanakan di TK Bona Kota Serang Banten. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mengamati pembelajaran sains berbasis karakter pada anak usia dini. Pengumpulan data dalam studi kasus ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, yang semuanya bertujuan untuk memperoleh data yang utuh dan kesimpulan yang jelas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan secara bersama-sama menjadi acuan dalam proses pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik melalui penggunaan metode, model, dan media pembelajaran yang tepat. (2) Karakterkarakter yang muncul ketika guru memberikan stimulus dalam pembelajaran sains antara lain adalah kerja keras, jujur, disiplin, tanggung jawab, mandiri, rasa ingin tahu yang tinggi, dan percaya diri. (3) Faktor internal yang mempengaruhi karakter anak adalah sikap dan pembawaan dari dalam diri anak itu sendiri, sementara faktor eksternal yang mempengaruhi adalah lingkungan sekolah dan keluarga.

Downloads

Published

2025-02-21

How to Cite

Andini, & Marini Magdalena. (2025). SAINS SEBAGAI SARANA KREATIVITAS: MEMBANGUN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN SAINS DI TK BONA KECAMATAN SERANG. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 630–638. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5150

Conference Proceedings Volume

Section

Articles