TEACHER’S PERCEPTION ON BILINGUAL LANGUAGE IN ENGLISH LANGUAGE TEACHING (ELT)
Keywords:
persepsi guru; dua bahasa; ELTAbstract
Penggunaan Bahasa Bilingual dalam Pengajaran Bahasa Inggiris, melibatkan Bahasa
asli (L1) dan bahasa target, yaitu bahasa Inggris (L2). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
persepsi guru terhadap penggunaan Bahasa bilingual dalam pengajaran Bahasa Inggris. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif untuk menganalisis data. Data
dikumpulkan melalui Observasi dan wawancara. Partisipan dalam penelitian ini melibatkan tiga
orang guru Bahasa inggris dari SMAN 9 Pangkep, Sulawesi Selatan. Hasil penelitian
menunjukkan adanya persespsi yang positif dari para guru di SMAN 9 Pangkep yang menerapkan
strategi bilingual dalam pengajaran Bahasa inggris. Guru menggunakan metode pengajaran
bilingual untuk memudahkan siswa memahami ide-ide yang sulit dan memastikan mereka benar-
benar memahami materi. Dengan menjelaskan konsep-konsep kompleks dalam bahasa asli siswa
dan bahasa Inggris, guru membantu siswa merasa kurang cemas atau tertekan. Ketika siswa
merasa lebih nyaman, mereka menjadi lebih terbuka dan siap untuk belajar bahasa baru.
Pendekatan ini juga membantu siswa beradaptasi secara bertahap dalam menggunakan bahasa
Inggris, menciptakan transisi yang lebih lancar menuju penggunaan bahasa Inggris secara penuh.
Penelitian ini menekankan pentingnya menerapkan praktik bilingual dalam ELT untuk
mendukung akuisisi bahasa, meningkatkan kepercayaan diri siswa, dan menyesuaikan dengan
latar belakang linguistik siswa yang beragam, yang pada akhirnya berkontribusi pada pengalaman
pendidikan yang lebih efektif dan inklusif
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.