PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA
Keywords:
Konstruktivisme, Aktivitas Belajar, Pendidikan PancasilaAbstract
Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui pendekatan konstruktivisme di kelas IV SD Husnul Hidayah, Surabaya. Menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Aktivitas belajar diukur berdasarkan beberapa indikator, termasuk partisipasi dalam diskusi, keterkaitan materi dengan pengalaman, dan kemampuan mempresentasikan hasil diskusi. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivisme mampu meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dari 62% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II melampaui presentase aktivitas belajar yang diharapkan. Selain meningkatnya aktivitas belajar diikuti peningkatan hasil belajar peserta didik dari nilai awal pada pre-test sebesar 69,8 menjadi 77,7 di siklus I dan mencapai 82,2 pada siklus II melampaui ketuntasan minimal yang ditetapkan. Keterlibatan aktif peserta didik dalam diskusi kelompok, eksplorasi materi, dan proyek kreatif seperti pembuatan poster mampu memotivasi peserta didik untuk lebih memahami materi dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian, pendekatan konstruktivisme bisa menjadi metode yang efektif dalam meningkatkan aktifitas dan hasil belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di tingkat sekolah dasar
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.