PENGEMBANGAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS AND MATHEMATICS (STEAM) EDUCATION CORNER DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fera Anggraini Sekolah Dasar STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, Bangka Tengah
  • Irmawati Sekolah Dasar STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, Bangka Tengah
  • Yudi Yunika Putra Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Imam Fitri Rahmadi Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Keywords:

inovasi pembelajaran; pendidikan STEAM; sekolah dasar

Abstract

Pembelajaran interdisipliner melibatkan disiplin ilmuscience, technology, engineering, arts and mathematics (STEAM) semakin populer dalam dunia pendidikan internasional. Pendekatan STEAM mempromosikan pembelajaran sains, teknologi, rekayasa, seni, dan matematika yang lebih menyenangkan dan bermakna karena merepresentasikan kehidupan dunia nyata. Fasilitasi pembelajaran interdisipliner dapat dimulai dengan langkah awal salah satunya membuat sebuah pojok pendidikan STEAM di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan STEAM Education Cornerdi sekolah dasar (SD) STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. Pengembangan menerapkan metode penelitian desain pendidikan (educational design research) dan melibatkan 120 siswa sebagai responden. Hasil iterasi pertama penelitian disajikan dalam artikel, berfokus pada konseptualisasi, ragam aktivitas, pemanfaatan, dan respon siswa terhadap STEAM Education Corner. Diskusi reflektif disajikan untuk mendorong pemikiran kritis terhadap inovasi dan praktik pedagogis yang telah diterapkan sehingga membuka peluang untuk mengembangkan STEAM Education Cornersecara
berkelanjutan di masa mendatang.

Downloads

Published

2025-02-21

How to Cite

Anggraini, F., Irmawati, I., Putra, Y. Y., & Rahmadi, I. F. (2025). PENGEMBANGAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS AND MATHEMATICS (STEAM) EDUCATION CORNER DI SEKOLAH DASAR. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 571–581. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5153

Conference Proceedings Volume

Section

Articles