PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Aprilianata SMP Laboratorium UM, Malang
  • Idang Ramadhan Universitas Negeri Yogyakarta

Keywords:

problem-based learning; Liveworksheets; berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pembelajaran berdiferensiasi
dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem-based Learning) berbantuan media
liveworksheets untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini
dilakukan pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di VIII International Class Program SMP
Laboratorium UM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) spiral menurut Kemmis dan Taggart (1990). Setiap siklus terdiri atas tiga tahapan
yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan (3) refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik
International Class Program SMP Lab UM yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian yang
digunakan silabus, Modul ajar, LKPD, lembar evaluasi, dan lembar keterlaksanaan. Hasil dari
penelitian yaitu penerapan Problem-based Learning berbantuan media liveworksheets
menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal
tersebut dibuktikan dengan peningkatan rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik dari
siklus 1 ke siklus 2. Sebagai respon terhadap temuan penelitian ini, perancangan dan pelaksanaan
PBL berbantuan media liveworksheets menciptakan pengalaman pembelajaran berdiferensiasi
dan kontekstual sehingga mendukung kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Downloads

Published

2025-02-21

How to Cite

Aprilianata, A., & Ramadhan, I. (2025). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 592–600. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5156

Conference Proceedings Volume

Section

Articles