IMPLEMENTASI MEDIA PUZZLE DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN BELAJAR GENERASI Z DI SDIT RABBI RADHIYYA 02 CURUP

Authors

  • Fitri Kurnia Astuti Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu

Keywords:

Implementasi, Puzzle, Generasi Z, Kebutuhan Belajar

Abstract

Pengamatan ini dilakukan untuk mengubah proses kegiatan pembelajaran menggunakan media puzzle dalam memenuhi kebutuhan belajar pada generasi Z. Supaya mampu menghadapi berbagai tantangan zaman yang semakin kompleks, seperti halnya dalam perkembangan teknologi yang semakin hari semakin luas. Oleh sebabnya praktik guru dalam proses kegiatan belajar harus menghasilkan program pendidikan yang relevan, dan berdampak positif pada perkembangan generasi Z. Dalam kegiatan pembelajaran setiap siswa mempunyai ciri khas/karakter yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Dalam mewujudkan pembelajaran yang mampu memenuhi kebutuhan belajar generasi Z, tentunya didukung menggunakan media puzzle yang dijadikan Sarana pengantar materi oleh peneliti ketika proses pembelajaran berlangsung. Keefektifan pembelajaran menggunakan media puzzle menjadikan siswa lebih termotivasi untuk terus belajar dengan melakukan beberapa interaksi secara langsung kepada guru, seperti mengeluarkan pendapat, aktif dalam kelompok, menyalin / mencatat bagian-bagian penting dalam kegiatan pembelajaran, bekerja sama secara kelompok, dan mempunyai rasa penasaran yang tinggi dengan materi, sehingga siswa berlomba-lomba untuk mengajukan pertanyaan. Dengan menggunakan media puzzle guru dapat mencapai tujuan pembelajaran. Hasil penelitian menyatakan bahwa praktik mengajar yang berhasil untuk memenuhi generasi harus berfokus pada generasi muda yang mengembangkan keterampilan kritis, kreativitas, dan kemampuan berpikir mandiri dan sangat penting untuk menghadapi perubahan masa depan. Sehingga peran dunia teknologi harus diintegrasikan dengan bijak dalam proses pengajaran. Generasi masa kini tumbuh dalam era digital, dan penggunaan teknologi yang cerdas dapat memfasilitasi pembelajaran yang lebih menarik dan efektif.

Downloads

Published

2025-02-21

How to Cite

Fitri Kurnia Astuti. (2025). IMPLEMENTASI MEDIA PUZZLE DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN BELAJAR GENERASI Z DI SDIT RABBI RADHIYYA 02 CURUP. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 649–660. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5157

Conference Proceedings Volume

Section

Articles