MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG GAYA DAN GERAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN PENGGUNAAN MEDIA PERAGA SEDERHANA SISWA KELAS VII
Keywords:
alat peraga sederhana, hasil belajar, gaya dan gerak, demonstrasiAbstract
Pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII seringkali menghadapi berbagai permasalahan yang dapat menghambat efektifitas penyampaian ilmu dan perkembangan pemahaman siswa. Salah satu permasalahan utamanya adalah rendahnya hasil belajar tentang gaya dan gerak. Hal ini terjadi karena kinerja guru dalam menggunakan media sederhana untuk melakukan demontrasi masih belum maksimal. Untuk itu dilakukan Upaya perbaikan pembelajaran dalam penelitian ini dengan menerapkan metode demonstrasi dan menggunakan media peraga sederhana. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar pengamatan kinerja guru dalam menerapkan metode demonstrasi dan menggunakan media sederhana, tes pengetahuan dan hasilnya dibandingkan dari pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran IPA kelas VII SMP Muhammad Shodiq beserta siswa yang berjumlah 40 orang. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun 2024. Hasil yang diperoleh yaitu : 1) terjadi peningkatan kinerja guru dalam menggunakan media sederhana untuk melakukan demonstrasi, serta diperoleh rerata peningkatan hasil belajar dari pra siklus (57,00), siklus 1 (64,50), dan siklus 2 (84,00).
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.