MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG GAYA DAN GERAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN PENGGUNAAN MEDIA PERAGA SEDERHANA SISWA KELAS VII

Authors

  • Evi Dwi Muliyanti Universitas Terbuka
  • Widiasih Universitas Terbuka

Keywords:

alat peraga sederhana, hasil belajar, gaya dan gerak, demonstrasi

Abstract

Pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII seringkali menghadapi berbagai permasalahan yang dapat menghambat efektifitas penyampaian ilmu dan perkembangan pemahaman siswa. Salah satu permasalahan utamanya adalah rendahnya hasil belajar tentang gaya dan gerak. Hal ini terjadi karena kinerja guru dalam menggunakan media sederhana untuk melakukan demontrasi masih belum maksimal. Untuk itu dilakukan Upaya perbaikan pembelajaran dalam penelitian ini dengan menerapkan metode demonstrasi dan menggunakan media peraga sederhana. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar pengamatan kinerja guru dalam menerapkan metode demonstrasi dan menggunakan media sederhana, tes pengetahuan dan hasilnya dibandingkan dari pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran IPA kelas VII SMP Muhammad Shodiq beserta siswa yang berjumlah 40 orang. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun 2024.   Hasil yang diperoleh yaitu : 1) terjadi peningkatan kinerja guru dalam menggunakan media sederhana untuk melakukan demonstrasi, serta diperoleh rerata peningkatan hasil belajar dari pra siklus (57,00), siklus 1 (64,50), dan siklus 2 (84,00).

Downloads

Published

2025-05-24

How to Cite

Dwi Muliyanti, E., & Widiasih. (2025). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG GAYA DAN GERAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN PENGGUNAAN MEDIA PERAGA SEDERHANA SISWA KELAS VII. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 672–686. Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5216

Conference Proceedings Volume

Section

Articles