PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA MA MUSLIM CENDIKIA BENGKULU TENGAH
Keywords:
hasil belajar, inkuiri terbimbing, suhu dan kalorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menggunakan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran fisika dengan fokus pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Muslim Cendikia Bengkulu Tengah, berjumlah 23 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun 2024 menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan kinerja guru dan tes hasil belajar siswa. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan pengamatan pada siklus I, dapat disimpulkan bahwa kinerja guru dalam menerapkan pembelajaran inkuiri terbimbing meningkat dari siklus I ke siklus II. Peningkatan ini berimplikasi pada peningkatan hasil belajar siswa, dari rata-rata 79,47 pada siklus I menjadi 88,52 pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan kinerja guru dalam menerapkan model inkuiri terbimbing berkontribusi pada peningkatan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.