Pentingnya Menerapkan Pengelolaan Arsip Elektronik di Indonesia

Authors

  • Siti Aisyah Universitas
  • Ismaya

Keywords:

arsip elektronik, teknologi informasi, pengelolaan arsip

Abstract

Dalam perkembangan teknologi informasi mengharuskan arsip diolah secara elektronik. Arsip elektronik memiliki peranan penting dalam sistem administrasi. Arsip elektronik merupakan arsip yang dibuat, dikomunikasikan, disimpan, yang dapat diakses melalui perangkat teknologi.  Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk menjelaskan tentang konsep dan cara mengelola arsip elektronik secara konseptual. Dalam karya tulis ilmiah ini metode penulisan yang penulis gunakan adalah studi pustaka. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam mengelola arsip elektronik tentu membutuhkan pengetahuan dan kemampuan khusus dalam tata kelola kearsipan ditambah dengan pengetahuan komputer atau teknologi informasi. Oleh karena itu, perlu adanya kolaborasi yang baik antara arsiparis sebagai tenaga profesional kearsipan dengan programmer sebagai tenaga profesional komputer untuk menciptakan sistem pengelolaan arsip elektronik yang baik dengan penciptaan dan penyimpanan, distribusi dan penggunaan, pemeliharaan, dan disposisi. Dalam pengelolaan arsip elektronik yang kompeten sangat membutuhkan sumber daya manusia untuk dapat terus mengembangkan arsip elektronik agar mudah ditemukan apabila diperlukan sehingga bermanfaat baik pada saat dibutuhkan atau pada masa yang akan datang.

References

Alti , S., H. Kristalnto, N., & Talufiq, Al. (2019). Dalsalr-Dalsalr Informalsi. Talngeralng Selaltaln: Universitals Terbukal

Kusmalyaldi, E. (2021). Kaljialn Softwalre. Talngeralng Selaltaln: Universitals Terbukal.

Nusalntalral, P. (2018). Model malnaljemen daltal paldal pengelolalaln alrsip elektronik: peneralpaln daltal malnalgement body of knowledge. Jurnall Kealrsipaln, 13(1), 55-76.

Nyfalntoro, F., Sallim, T. Al., & Mirmalni, Al. (2019). Perkembalngaln Pengelolalaln Alrsip Elektronik di Indonesial: Tinjalualn Pustalkal Sistemaltis. Diplomaltikal: Jurnall Kealrsipaln Teralpaln, 3(1), 1-13.

Praltiwi, D. (2019). Pemelihalralaln daln Pengalmalnaln Alrsip. Talngeralng Selaltaln: universitals terbukal.

Praltiwi, T. (2017). Konsep Pengelolalaln Alrsip Elektronik. All Malktalbalh: Jurnall Kaljialn Ilmu daln Perpustalkalaln, 2(2).

Rifaluddin, M. (2016). Pengelolalaln alrsip elektronik berbalsis teknologi. Khizalnalh all-Hikmalh: Jurnall Ilmu Perpustalkalaln, Informalsi, daln Kealrsipaln, 4(2), 168-178.

Rustalm, M. (2014). Pengalntalr Pengelolalaln Alrsip Elektronik. Universitals Terbukal.

Rustalm, M. (2021). Pengelolalaln Alrsip Elektronik. Talngeralng Selaltaln: Universitals Terbukal.

Sallmin, T. (2019). Sistem Pengalrsipaln Alrsip Elektronik. Jurnall Pustalkal Ilmialh, 4(2), 706-711.

Downloads

Published

27-11-2023