PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN LITERASI SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DAN PH LARUTAN GARAM

Authors

  • Santi Novita Pasca Pendidikan Kimia,Universitas Riau,Pekanbaru
  • Susilawati Pasca Pendidikan Kimia,Universitas Riau,Pekanbaru

Keywords:

Instrumen penilaian, kemampuan pemecahan masalah, literasi sains, kesetimbangan ion dan pH larutan garam

Abstract

Berdasarkan data PISA yang melibatkan 78 negara, literasi sains peserta didik di Indonesia menduduki peringkat ke-70 dalam pengukuran kecakapan ilmiah PISA. Untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik, diperlukan pengembangan instrumen penilaian berupa instrumen literasi sains. Rendahnya literasi sains pada peserta didik akan berdampak terhadap kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), diadaptasi dari Model Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah pengembangan, yang dilaksanakan langkah ke 9 produk final. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket validasi, angket respon pengguna dan instrumen penilaian berbentuk soal essay.  Instrumen penilaian kemampuan pemecahan masalah dan literasi sains yang dikembangkan dinyatakan valid secara validitas konstruk terdapat 16 butir soal valid dari total keseluruhan butir soal. Soal yang dikembangkan telah memenuhi syarat reliabilitas dengan nilai koefisien cronbach alpha lebih besar dari pada 0,6 yaitu 0.874. Tingkat kesukaran soal berada pada kategori mudah, sedang dan sukar, yaitu didapatkan 25% butir soal kategori mudah, 50% butir soal kategori sedang dan 25% butir soal kategori sukar. Dan daya pembeda soal berada pada kategori sangat baik, baik dan cukup. Persentase daya pembeda soal didapatkan 16 soal yang dianalisis diperoleh 12 butir soal pada kategori sangat baik (75%), 2 butir soal pada kategori baik (12,5%) dan 2 butir soal pada kategori cukup (12,5%). Secara validitas isi, dengan nilai validasi Aiken’s (V) berkisar antara 0,88-0,97. Instrumen penilaian kemampuan pemecahan masalah dan literasi sains peserta didik pada materi kesetimbangan ion dan pH larutan garam dinyatakan valid reliabel, tingkat kesukaran soal dengan kategori sebagian soal sedang dan daya pembeda dengan kategori Sebagian besar sangat baik. Instrumen asesmen kemampuan pemecahan masalah dan literasi sains peserta didik pada materi kesetimbangan ion dalam larutan garam dapat digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan literasi sains pada materi kesetimbangan ion dalam larutan garam.

Downloads

Published

2024-02-12