PENGARUH KESADARAN HALAL DAN SERTIFIKASI HALAL PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN KEKINIAN DI AREA SURABAYA INDUSTRIAL ESTATE RUNGKUT

Authors

  • Wisnu Setyo Pambudi Teknologi Pangan, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan
  • Lula Nadia Teknologi Pangan, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan

Keywords:

Keputusan Pembelian, Kekinian, Makanan Halal

Abstract

Indonesia merupakan negara yang mayoritas konsumennya merupakan masyarakat muslim. Tingginya jumlah penduduk muslim berbanding lurus dengan tingginya permintaan terhadap makanan halal termasuk di Kota Surabaya. Seorang muslim yang baik sudah selayaknya mengonsumsi barang halal sesuai dengan teori preferensi perilaku konsumen muslim dan preferensi islami. Saat ini marak bermunculan produk makanan kekinian termasuk di Surabaya dimana marak pula informasi mengenai simpang siur dan fakta kehalalan produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal dan sertifikasi halal terhadap keputusan pembelian makanan dan minuman kekinian di wilayah Surabaya Industrial Estate Rungkut. Sampel yang digunakan berjumlah 91 sampel dengan kriteria milenial muslim minimal berusia 17 tahun dan berdomisili di sekitar Surabaya Industrial Estate Rungkut. Metode analisis yang dipakai untuk mengolah data adalah analisis kuantitatif berdasar analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa kesadaran halal dan sertifikasi halal produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan dan minuman kekinian di area Surabaya Industrial Estate Rungkut.

Downloads

Published

2024-02-12