PENINGKTAN KETERAMPILAN GURU SEKOLAH DASAR MEMANFAATKAN SUMBER BELAJAR ONLINE MELALUI FASILITAS GURU PINTAR ONLINE (GPO)
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

Guru
Pintar
Online
Belajar Online

Abstract

Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan peningkatan kompetensi Guru SD dalam mengakses dan memanfaatkan sumber belajar online guru pintar online (GPO). Peserta pelatihan masih memiliki keterbatasan menangani berbagai kasus pembelajaran secara khusus dengan Fasilitas guru pintar online, vidio pembelajaran SD merupakan video praktek pembelajaran yang dirancang untuk memberi pengetahuan dalam menangani kasus pembelajaran di Sekolah Dasar dengan berbagai seri pembelajaran. kegiatan pelatihan, serta pendampingan pelatihan pemanfaatan GPO sebagai sumber belajar online. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan memanfaatkan GPO sebagai berikut; (a) Panduan Akses Laman GPO SD (b) persentase dengan LCD tatap muka langsung dengan peserta meperkenalkan laman guru pintar online, program Micro-Teaching Online kegiatan dilaksanakan pada Tanggal 18 Juni 2023 Kabupaten Maros tempat pelakasanaan SMP 1 Mandai Kabupaten Maros, (c) pelakasankan kegiatan menuntun mendampingi langsung akses Micro-Teaching dengan membuka sesuai dengan seri video pembelajaran, dengan membagi kelompok terdiri dari lima orang setiap kelompok memilih satu kasus pembelajaran kemudian memilih video pembelajaran sesuai kasus pembelajaran ditonton bersama kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai teknik-teknik pembelajaran, cara menangani kasus pembelajaran dengan mendiskusikan pada tanggal 19 Agustus 2023, dan (d) Ketiga pendampingan dan monitoring hasil kegiatan langsung mengunjungi  tempat mengajar SD tujuan untuk mengetahui langsung manfaat model video pembelajaran pada minggu Kedua 26 Agustus 2023, dan (d) Evaluasi seluruh rangkaian pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat tgl  9 September 2013. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama  Tim Dosen FKIP UT Makassar dengan mitra Diknas Kecamatan Mandai Kabupaten Maros, peserta Guru SD sebanyak 25 orang sebagai peserta pelatihan ditambah 5 mahasiswa seluruhnya aktif mengikuti kegiatan. Program Abdimas berlangsung sesuai jawal target yang direncakan dengan menjadikan materi pokok GPO Micro-Teaching Online sumber belajar online dengan seri video teknik pengajaran SD, tingkat keaktifan kategori peserta sangat baik. Hasil Kegiatan pelatihan menujukkan peningkatan kompetensi Guru SD melakukan perbaikan pembelajaran secara berkelanjutan guna memenuhi kebutuhan pembelajaran guru SD di Kecamatan Mandai Kabupaten Maros, dengan membekali Guru SD pengetahuan dan teknik pembelajaran  dengan sumber belajar online dengan cepat dan mudah dari beberapa seri model pembelajaran, dan hasil kegiatan ini berfungsi sebagai sarana Meningkatkan kompetensi guru SD di Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Hasil kegiatan ini menunjukkan hasil yang sangat baik berdasarkan hasil testimoni peserta dapat peningkatan kompetesni guru mendukung kegiatan perbaikan pembelajaran dikelas.

PDF (Bahasa Indonesia)

References

Latifah, N., & Lazulva, L. (2020). Desain dan uji coba media pembelajaran berbasis video animasi powtoon sebagai sumber belajar pada materi sistem periodik unsur. JEDCHEM (Journal Education and Chemistry), 2(1), 26-31.

Limbong, M., Fahmi, F., & Khairiah, R. (2022). Sumber Belajar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah: Learning Resources Based on Interactive Learning Media in School. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 27-35.

Marlina, B. (2021). Pemanfaatan portal rumah belajar untuk media pembelajaran daring di era pandemi covid-19. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(2), 142-151.

Harahap, L. A. (2019). Konsep pembelajaran blended learning di sekolah dasar: Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di desa terpencil.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100.

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan portal rumah belajar kemendikbud sebagai model pembelajaran daring di sekolah dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 61-68.

Kholisho, Y. N., Arianti, B. D. D., Jamaluddin, J., Wirasasmita, R. H., Ismatulloh, K., Uska, M. Z., & Fathoni, A. (2021). Pelatihan pembuatan dan editing video bagi guru SD untuk menghadapi Era Industri 4.0. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 119-127.

Sinaga, I. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Guru Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).