PENDIDIKAN POLITIK MASYARAKAT PESISIR MENGHADAPI PEMILU 2024
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

Pemilu
Pendidikan Politik
Partispasi
Masyarakat Pesisi

Abstract

Pemilihan umum 2024, masyarakat akan melakukan pemilihan Legislatif, peilihan Presiden, dan Pemilihan Kepala Daerah.  Sama seperti pemilu sebelumnya,  pemilu mendatang diselenggarakan serentak. Pemilu yang akan berlangsung hendaknya didukung oleh partisipasi masyarakat. Namun, hingga saat ini masih banyak warga Indonesia yang enggan untuk berpartisipasi dalam proses pemilu. Minimnya keterlibatan masyarakat disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah kurangnya pendidikan politik kepada masyarakat. Menyikapi hal tersebut, melalui pengabdian ini perlu memberikan pendidikan politik khususnya kepada masyarakat pesisir yang terletak di kelurahan Kayumalue Kota Palu. Ini menjadi sarana kepada masyarakat agar pemahaman dan pengetahuan terkait politik dapat meningkat, sehingga masyarakat dapat terlibat dalam proses pemilihan umum yang demokratis dalam menentukan sikap dan pilihan. Tanggung jawab dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat melibatkan berbagai pihak yang bukan hanya pemerintah, ataupun penyelenggara pemilu, melainkan akademisi juga memiliki tanggung jawab penuh agar masyarakat dapat mensukseskan jalannya kepemiluan termasuk menghadapi pemilu 2024. Metode pengabdian ini dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi secara langsung kepada masyarakat setempat.

PDF (Bahasa Indonesia)

References

Pahlevi, M. E. T., & , Azka Abdi Amrurobbi. (2020). Pendidikan Politik dalam Pencegahan Politik Uang Melalui Gerakan Masyarakat Desa

Moch Edward Trias Pahlevi, Azka Abdi Amrurobbi Universitas Muhammadiyah YogyakartaUniversitas Gadjah Mada. INTEGRITAS: Jurnal Antikorupsi, 6(1). https://doi.org/10.32697/integritas.

Raden, S., Intam Kurnia, & Randi Atma R. Massi. (2019). Partisipasi politik dan perilaku pemilih (dinamika partisipasi pemilih pada pemilihan serentak 2020 di Sulawesi Tengah). KPU Provinsi Sulawesi Tengah.

Radhitya, K. (2019). Pentingnya Pendidikan Politik Bagi Generasi Muda Untuk Meningkatkan Partisipasi Terhadap Pemilihan Umum Dalam Membangun Demokrasi. Prosiding Nasional Hukum dan Kewarganegaraan, 2019.

Rahman, A. (2018). Konsep Dasar Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1). http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupii