PENINGKATAN KAPABILITAS DALAM ADMINISTRASI BISNIS PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA (IRT) KATUNA DI KOTA DEPOK
PDF

Kata Kunci

Administrasi bisnis
industri rumah tangga
pembukuan

Abstrak

Katuna merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang pembuatan tas ready stock dan custom sesuai permintaan calon pembeli untuk keperluan souvenir dan merchandise perusahaan yang berdiri sejak Tahun 2015. Produk usaha Katuna adalah tas dan dompet yang terbuat dari bahan kain dan imitasi selain kulit asli.  Desain multifungsi menjadi keunggulan Katuna karena desain tas Katuna bisa digunakan dalam beberapa gaya. Mitra Katuna dipilih karena produk yang ditawarkan mempunyai daya saing dan mitra mempunyai motivasi berwirausaha yang tinggi. Namun, walaupun mempunyai keunggulan produk, Katuna memiliki kendala dan keterbatasan terkait pengelolaan bisnis. Tujuan program ini adalah untuk mengembangkan kapasitas mitra agar dapat mengembangkan bisnisnya khususnya pada aspek administrasi. Metode yang akan dipakai untuk mencapai tujuan tersebut adalah Pelatihan pembukuan sederhana dan administrasi bisnis, pendampingan serta Monitoring dan Evaluasi. Hasil abdimas menunjukkan peningkatan kapasitas mitra terkait pemahaman pengelolaan administrasi bisnis dan pembukuan sederhana. Program pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu memfasilitasi perkembangan usaha mitra untuk kemudian mampu memberikan multiplier effect bagi usaha sejenis dan usaha lain yang terkait (bermitra) dengannya.

PDF

Referensi

Bappenas. (2021). Indonesia Green Growth Program. http://greengrowth.bappenas.go.id/faq-id/

Kamsisdah. (2023). Pentingnya Pembukuan Keuangan untuk UMKM. Pentingnya Pembukuan Keuangan Untuk UMKM (kemenkeu.go.id)

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian

Indonesia. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia [Diakses pada 10 Desember 2021]

Noholo, Sahmin dan Lukumm, Amir. (2021). Pengelolaan Administrasi dan Pencatatan Akuntansi Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah. Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi 1(1).

Remmang (2021). Perencanaan Bisnis UMKM. Makassar: CV.SAH Media. Pengembangan UMKM_HasanuddinR_Perpustakaan.pdf (unibos.ac.id)