SOSIALISASI OLAHRAGA YOGA PADA ANAK DIDIK LAPAS DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II BENGKULU
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

sosialisasi
olahraga
yoga lpka
bengkulu

Abstract

Sosialisasi olahraga yoga merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan untuk mengenalkan olahraga Yoga kepada anak didik lapas di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bengkulu. Untuk mencapai tujuan tersebut maka metode yang diterapkan adalah mengidentifikasi kebutuhan mitra, menetapkan permasalahan utama, menyusun rencana pelaksanaan, melakukan workshop, pratik atau demontrasi, diskusi, dan evaluasi kegiatan. Mitra yang dilibatkan dalam kegiatan pengabdiaan ini terdiri 20 anak didik lapas. Adapun lokasi pelaksanaan kegiatan adalah LPKA Kelas II Bengkulu yang memiliki alamat di Bentiring, Kecamatan Muara Bangka Hulu, Kota Bengkulu, Bengkulu, 38119. Waktu pelaksanaan workshop pada 10 Oktober 2023. Dari hasil analisis kegiatan yang telah dilakukan didapatkan bahwa sebanyak 80% mitra mengalami peningkatan pengetahuan mengenai olahraga Yoga dan 100% mitra antusias untuk mengikuti praktik melakukan olahraga Yoga. Selain itu, mitra berkomitmen untuk berlatih olahraga Yoga secara mandiri dengan menggunakan video yang dikreasikan oleh tim pengabdi. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini berdampak secara positif bagi mitra dan mampu meningkatkan pengetahuan mitra tentang olahraga Yoga.

PDF (Bahasa Indonesia)

References

Al Mosawi, A. K. (2016). Bodily-Kinesthetic Intelligence and its Relation with the Classroom Environment of Kindergarten Children at the Age of 4-6 Years. Sciences Journal of Physical Education, 9(4).

Coughlin, S. S., Smith, S. A., & Fernández, M. E. (Eds.). (2017). Handbook of community-based participatory research. Oxford University Press.

Dinata, W. W. (2015). Menurunkan Tekanan Darah Pada Lansiamelalui Senam Yoga. JORPRES (Jurnal Olahraga Prestasi), 11(2)

Ismiati, I. (2018). Perceraian Orangtua Dan Problem Psikologis Anak. AtTaujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(1). http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v1i1.7188

Matondang, A. (2019). Dampak Modernisasi Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 8(2), 188-194.

Putra, I. G. M. E., & Somawati, A. V. (2022). Yoga Asana: Solusi Kurangi Kecemasan dan Stres di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Yoga dan Kesehatan, 5(1), 88-101. https://doi.org/10.25078/jyk.v5i1.841

Putri, H. D. H., Muhammad, A., & Tando, C. E. (2022). Analisis Faktor dan Penyebab Anak Dibawah Umur Terjerat Hukum di Bapas Kelas I Jakarta Selatan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 5859-5865.

Sarutomo, B. (2021). Penyebab anak di bawah umur melakukan tindak pidana pencurian di kabupaten demak. International Journal of Law Society Services, 1(1), 56-63. http://dx.doi.org/10.26532/ijlss.v1i1.14741

Sinaga, Y. Y., & Anshori, A. M. (2022). FAKTOR PENYEBAB TINGGINYA KENAKALAN DAN KRIMINALITAS REMAJA DALAM MASYARAKAT. Dakwatul Islam, 7(1), 1-20.

Sindhu, P. (2015). Panduan Lengkap Yoga: untuk hidup sehat dan seimbang. Mizan Qanita.

Sofiyanti, I., & Setyowati, H. (2023). Peningkatan Konsentrasi Belajar dengan Yoga Anak. INDONESIAN JOURNAL OF COMMUNITY

EMPOWERMENT (IJCE), 5(1), 101-104.

Suryandari, S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 4(1), 23-29.

https://doi.org/10.36928/jipd.v4i1.313

Trikusuma, G. A. A. C., & Suarya, L. M. K. S. (2020). Peran frekuensi latihan yoga terhadap tingkat kecemasan pada remaja di kabupaten

Tabanan. Jurnal Psikologi Udayana Edisi Khusus Kesehatan Mental dan Budaya I, 187-195.

Wiguna, I. B. A. A. (2022). Pelatihan Praktik Yoga Asana Untuk Meningkatkan Perkembangan Fisik Dan Motorik Anak Usia Dini. Caraka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 109-118.

Wong, M. F. (2011). ACUYOGA: Kombinasi Akupresur+ Yoga. Penebar PLUS+