PENINGKATAN LITERASI SEJARAH RADEN ARIA WANGSAKARA BAGI WARGA DESA LENGKONG KULON TANGERANG
PDF

Kata Kunci

Raden Aria Wangsakara
Desa Lengkong Kulon
Pahlawan Nasional
Literasi Sejarah

Abstrak

Berdirinya Kota Tangerang tidak lepas dari sejarah Raden Aria Wangsakara, seorang ulama, pejuang dan pendiri Tangerang. Sejak tanggal 10 November 2021, Presiden RI telah meresmikan Raden Aria Wangsakara sebagai pahlwan nasional. Momentum ini perlu ditindak lanjuti dengan upaya yang konkret dalam melestarikan nilai-nilai teladan perjuangan Raden Aria Wangsakara yang berasal dari Tangerang, khususnya wilayah Lengkong Kulon atau yang dikenal juga dengan sebutan Lengkong Kyai. Wilayah Lengkong Kulon merupakan wilayah yang terhimpit diantara kawasan hunian elit BSD yang terdiri dari gedung-gedung mewah dan infrastruktur pendukung yang sangat baik. Oleh karena itu, tim pengabdi melaksanakan kegiatan peningkatan kesadaran dan pengetahuan warga mengenai sejarah Raden Aria Wangsakara. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi baca-tulis kaum muda warga Desa Lengkong Kulon, khususnya terhadap peninggalan-peninggalan sejarah Raden Aria Wangsakara. Tim pengabdi melaksanakan kegiatan bedah buku dan lomba menulis serta bercerita kisah Raden Aria Wangsakara. Dalam konteks pembangunan, mempelajari nilai-nilai kehidupan masyarakat di masa lampau, diharapkan menjadi pedoman bagi masyarakat dalam memilih nilai-nilai yang relevan dengan masa kini. Sehingga harapannya, sikap-sikap perjuangan pahlawan dapat menumbuhkan semangat generasi muda dalam mengisi pembangunan.

PDF

Referensi

Firmansyah, H., Putri, A. E., & Hakim, L. (2022). Penguatan Literasi Sejarah Untuk Meningkatkan Historical Thingking Peserta Didik. Artefak, 9(2), 93–102.

Hidayanti, P. N. (2021). Literasi Digital: Urgensi dan Tantangan dalam Pembelajaran Sejarah. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan

Sejarah, 10(2), 155–162. https://doi.org/10.17509/factum.v10i2.39203

Kurniawati, K., Djunaidi, D., Rahman, A., & Ayesma, P. (2021). Literasi Sejarah Melalui Bedah Dan Diskusi Film Sejarah. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial (JPDS), 4(1), 19. https://doi.org/10.17977/um032v4i1p26-29

Prabowo, M. A., & Qomaruddin, M. T. (2022). Pentingnya Pendidikan Melalui Penerapan Program Bimbingan Belajar. JPKM (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 28(4), 395–401

Pratiwi, S. H., Tarbiyah, F., Keguruan, I., & Langsa, I. (2021). UPAYA MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA DI MASA PANDEMI

MELALUI KEGIATAN SEMINGGU SEBUKU. 3.

Purwanto, E., Syarief, R., Dawan, A., Sofia, I. P., & Suprapto, R. (2022). EMPOWERMENT OF YOUTH TO CREATE DIGITAL CONTENT AS

This research receives funding from the LP2M Internal Grant from Pembangunan Jaya University . The results of this research between real estates in the private city of existed since 1628 . Established by R. 6(1).

Tanjung, S., & Supriatna, N. (2021). Literasi Kreatif: Membangun Keterampilan Abad 21 Melalui Pembelajaran Sejarah Lokal Kesultanan

Langkat. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 6(2), 101–109. https://doi.org/10.15294/harmony.v6i2.47999