METODE HEAT PRESS SEBAGAI ALTERNATIF BARU PENGOLAHAN LIMBAH KANTONG PLASTIK DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN
PDF

Kata Kunci

Heat press
imbah kantong plastik
PKH

Abstrak

Pengelolahan limbah kantong plastik bertujuan untuk mengurangi volume limbah kantong plastik rumah tangga dan menambah alternatif usaha untuk meningkatkan pendapatan Mitra pelatihan.  Mitra pelatihan adalah anggota PKH RW 6-12 Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Kelurahan Jagalan RW 6-12, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta adalah sebuah kelurahan dengan 170 kepala rumah tangga dengan tingkat perekonomian menengah kebawah dan banyak diantaranya yang tergabung dalam PKH (Program Keluarga Harapan). Mitra umumnya bertempat tinggal dikontrakan atau hunian pribadi dengan kondisi yang kurang layak. Beberapa diantaranya bekerja sebagai buruh pabrik, penjual makanan, petugas parkir, dan pekerja serabutan. Kegiatan PkM ini dilaksanakan dalam pelatihan luring (dengan mengutamakan protokol Covid-19) dan daring. Adapun Metode pengolahan limbah kantong plastik yang diperkenalkan adalah Heat Press. Metode Heat Press adalah metode pengolahan limbah kantong plastik dengan cara menggunakan panas yang dihasilkan dari setrika listrik. Selanjutnya mitra akan dibimbing untuk memasarkan produk secara daring. Bentuk pelatihan pemasaran online yang akan diberikan adalah pengenalan teknik fotografi, teknik copywriting, teknik pengemasan, dan pemasaran daring.  Teknik fotografi adalah menjadi hal yang penting dalam pemasaran daring (media sosial) semakin baik/bagus foto maka akan semakin menarik minat konsumen.  Teknik copywriting atau teknik menyusun teks publisitas penting dikuasai supaya konsumen tertarik untuk membeli produk yang dipasarkan. Kemudian, mitra akan dibimbing teknik pengemasan produk secara tepat dengan memperhatikan segi keamanan, estetika, biaya, dan ukuran. Tahap terakhir yaitu pelatihan teknik pemasaran produk melalui media sosial. Hasil program ini memberikan manfaat bagi para anggota PKH. Produk yang dihasilkan dari daur ulang limbah kantong plastik dapat menjadi potensi alternatif usaha dengan cara dipasarkan sehingga memberi manfaat ekonomi. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mengurangi jumlah limbah plastik rumah tangga. Pada akhir program pelatihan ini diharap dapat menjadi sarana bagi masyarakat, khususnya pada para anggota PKH RW 6-12 Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta untuk mengembangkan dan dapat meningkatkan kesejahteraan.

PDF

Referensi

Ardhani, A. D. dan King, L. I. X. 2020. Dua Sisi Mata Uang : Kebijakan Publik dan Penanganan Sampah Plastik di Indonesia. :1–16.

BPS. 2020. Badan Pusat Statistik Kota Surakarta. URL: https://surakartakota.bps.go.id/statictable/2020/05/12/222/volumesampah- per-bulan-ton-di-kota-surakarta-2019.html. Diakses tanggal 14 September 2021.

Horta, P. M., Matos Souza, J. de P. and Mendes, L. L. 2020. Digital food environment during the COVID-19 pandemic in Brazil: An analysis of marketing strategies in a food delivery app.British Journal of Nutrition, (10): 1–6.

Istiqomah, N. Mafruhah, I. Gravitiani, E. dan Supriyadi. 2019. Konsep Reduce, Reuse, Recycle dan Replace dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Desa Polanharjo Kabupaten Klaten.SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat). 8(2): 30–38.

Junaidi, A. dan Nizam. 2021. Program Kreativitas Mahasiswa Pedoman Umum. Kemdikbud-Direktorat Belmawa. Buku Pedoman 1. Jakarta.

Ratriani, V. 2021. Inilah 5M untuk pencegahan Covid-19 dan bedanya dengan 3M serta 3T. URL: https://kesehatan.kontan.co.id/news/inilah-5muntuk- pencegahan-covid-19-dan-bedanya-dengan-3m-serta-3t. Diakses tanggal 16 September 2021.

Setiawan, V. N. 2020. Banjir Sampah Plastik Selama Pandemi. URL:

https://katadata.co.id/timredaksikatadata/analisisdata/5fc719de77307/banji r-sampah-plastik-selama-pandemi. Diakses tanggal 15 September 2021.

Suleman, S. A. dan Resnawaty, R. 2017. Program Keluarga Harapan (Pkh): Antara Perlindungan Sosial Dan Pengentasan Kemiskinan.Prosiding Penelitiandan Pengabdian kepada Masyarakat. 4 (1):88.

Susanto, I. 2019. Program Keluarga Harapan (PKH) | Kementerian Sosial Republik Indonesia. URL: https://kemensos.go.id/program-keluargaharapan-pkh. Diakses tanggal 16 September 2021.

Triyono, A. 2020. PKH | Program Keluarga Harapan. URL: https://pkh.kemensos.go.id/?pg=detail_berita&id=264. Diakses tanggal

September 2021