PENDAMPINGAN PEMBUATAN LKS MATEMATIKA SD BERBASIS DIGITAL BAGI GUGU-GURU SEKOLAH DASAR DI SURABAYA
PDF

Kata Kunci

LKS Matematika
Pembelajaran Digital
Guru SD

Abstrak

Metode pembelajaran berbasis digital memberikan kemudahan dan kelancaran proses belajar-mengajar bagi siswa dan guru. Guru bisa mengintegrasikan teknologi digital dalam pembelajarannya agar intensitas komunikasi interaktif guru dengan siswa lebih meningkat, baik di dalam maupun di luar jam kelas resmi.  Guru-guru Sekolah Dasar (SD) di Surabaya pada dasarnya sudah familier dengan teknologi digital, namun guru-guru tersebut belum bisa mengembangkan bahan ajar berbasis digital pada pembelajaran matematika. Selain itu sekolah-sekolah di Surabaya  belum sepenuhnya mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.   Oleh karena itu, tim abdimas menilai perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan pembuatan LKS digital berbasis Kvisoft bagi guru-guru SD di Surabaya yang tujuannya adalah meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan LKS digital yang bisa membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini terdiri dari 3 tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan, dilakukan koordinasi awal dengan mitra serta penyusunan materi pelatihan angket kepuasan. Pada tahap pelaksanaan, dilakukan demonstrasi, diskusi, dan pendampingan. Pada tahap evaluasi dilakukan pengisian angket oleh guru-guru. Setelah dilakukan pelatihan dan pendampingan, guru-guru akhirnya mampu membuat LKS digital berbasis Kvisoft yang bisa diakses melalui link masing-masing LKS yang telah dibuatnya. Selanjutnya, LKS digital bisa digunakan untuk membantu guru mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif dari siswa. Namun, untuk mengetahui seberapa signifikan, perlu dilakukan studi lebih lanjut.

PDF

Referensi

Agustian, Niar, and Unik Hanifah Salsabila. “Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran.” Islamika 3, no. 1 (2021): 123–33. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047.

Ajizah, Imroatul. “Urgensi Teknologi Pendidikan : Analisis Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0.” Journal of Chemical Information and Modeling 4, no. 1 (2021): 25–36.

Astuti, S.B. Waluya, and M. Asikin. “Strategi Pembelajaran dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0.” In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2:469–73. Universitas

Negeri Semarang, 2019.

Badjeber, Rafiq, and Jayanti Putri Purwaningrum. “Pengembangan Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Matematika di SMP.” Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 1 (2018): 36–43. https://doi.org/10.31970/gurutua.v1i1.9.

Fitri, Elva Rohmatul, and Triensninda Pahlevi. “Pengembangan LKPD Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMKN 2 Nganjuk.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9, no. 2 (2020): 281–91. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p281-291.

Hanifah Salsabila, Unik, Lailli Irna Sari, Khusna Haibati Lathif, Ayu Puji Lestari, and Asyharinur Ayuning. “Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 17, no. 2 (2020): 188–98.

https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.

Harti, Harti, Norida Canda Sakti, Tri Sudarwanto, Saino Saino, Devangga Putra Adhitya Pratama, and Isna Aulia Nur Habibah. “Pelatihan Pembuatan LKPD Ekonomi Berbasis Aplikasi Digital pada GuruGuru SMA di Kabupaten LAMONGAN.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 6, no. 4 (2022): 2169. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11089.

Khotimah, Usnul. “Pengaruh Teknologi Terhadap Pembelajaran Abad Ke 21.” Universitas Lambung Mangkurat, 2019, 1–26.

Pahlevi, Muhammad Reza, Iwan Ridwan, and Acep Bahrum Kamil. “Pelatihan TPACK Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Bagi Guru Bahasa Inggris Di Kabupaten Karawang Jawa Barat.” Jurnal Pengabdi 4, no. 1 (2021): 34. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v4i1.43631.

Rahayu, Sri, Iskandar Ladamay, Nurul Ulfatin, Farida Nur Kumala, and Siti Aminatun Watora. “Pengembangan Lkpd Elektronik Pembelajaran Tematik Berbasis High Order Thinking Skill (Hots).” EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 13, no. 2 (2021): 112–18. https://doi.org/10.17509/eh.v13i2.36284.

Sugandi, Asep Ikin. “Workshop Pembuatan Lkpd Dengan Flipbook Berbasis Kurikulum Prototype.” Abdimas Siliwangi 5, no. 2 (2022): 314–28.

Suryaningsih, Siti, and Riska Nurlita. “Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif Dalam Proses Pembelajaran Abad 21.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 7 (2021): 1256–68. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233.

Syamsul Ghufron, Nafiah, and Pance Mariati. “Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan E-LKPD Berbasis Digital dengan Aplikasi Jotform Bagi Guru SD di Magetan.” Seminar Nasional

Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 1, no. 1 (2022): 1136–51.

https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.931.

Tsani, Sahila Disti Safira El, and Retno Mustika Dewi. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Ekonomi.”

Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 11, no. 2 (2023): 113–24. https://doi.org/10.33603/ejpe.v11i2.10.

Yandari, Indhira Asih Vivi, Aulia Dinayah, Aan Subhan Pamungkas, and Sigit Setiawan. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Interaktif Berbasis Higher Order Thinking Skills Untuk Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 7, no. 2 (2023): 181–94. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.9319.