PENGEMBANGAN USAHA JAMUR CRISPY “SATRIA TANI”
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

Jamur tiram
kudapan
ekonomis

Abstract

UMKM Jamur Satria Tani adalah pembudidaya yang mengolah jamur tiram menjadi produk olahan jamur crispy “ Satria Tani”.yang terletak di RT.003 RW.004 desa Dukuhjati Kidul kecamatan Pangkah kabupaten Tegal. Jamur tiram (Pleurotus sp.) merupakan salah satu jenis jamur konsumsi yang bernilai ekonomis tinggi, disukai masyarakat, dan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Permasalahan yang dihadapi adalah menemukan rasa yang cocok di lidah konsumen sehingga terbentuk pasar yang cinta dengan produk ini dan pemasaran produk yang masih terbatas. Solusi yang dilakukan adalah  mengembangkan resep jamur crispy dengan berbagai bahan dan teknik pengolahan untuk menciptakan kudapan yang lezat dan menggugah selera. Untuk peningkatan penjualan dilakukan penambahan varian rasa menjadi original, balado, dan jagung bakar serta menekan harga produksi yang tidak terlalu mahal, sehingga bisa mencapai seluruh lapisan masyarakat. Kemasan juga dibuat dua macam, kemasan ekonomis untuk membidik pelajar dan masyarakat bawah dan kemasan oleh-oleh untuk membidik kalangan menengah ke atas. Pemasaran dilakukan baik secara langsung melalui warung, toko, koperasi, maupun melalui toko online. Selain itu untuk memperluas wilayah pemasaran, dilakukan juga pameran baik tingkat Kecamatan maupun Kabupaten, seperti Pameran Karya dan Gelar UMKM Tegal Laka - laka, Pameran Pasar Tani Dinas Pertanian Kab. Tegal, Pameran PKK yang diselenggarakan Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal dan Pameran Slawi Expo hari jadi Kabupaten Tegal.

PDF (Bahasa Indonesia)

References

Diatmika, Yunan Bagus. 2018. Analisis Kripik Jamur Tiram Kress Berbagai

Varian Rasa di Desa Rambipuji Kecamatan Rambipuji Kabupaten

Jember. Politeknik Negeri Jember.

Fadillah, Nur. 2010. Tips Budidaya Jamur Tiram. Genius

Publisher.Yogyakarta.

Irrene Radius Sarrete. 2022. Manajemen Bisnis: Pengertian, Fungsi, hingga Perencanaannya. https://www.cermati.co./artikel/manajemen-bisnis.

Diakses 16 Oktober 2023

Mashudi Imam, Aneta Asna, Panai Abdul Haris, Djafri Novianty. 2023.

Kewirausahaan Berbasis Society 5.0 di Tingkat Perguruan Tinggi.

Penerbit Tanah Air Beta. Yogyakarta

Muljowati, J. Safitri. 2015. Penyuluhan Jamur Pangan di Desa Argo Peni Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Fakultas Biologi Unsoed. Purwokerto

Pinontoan Marien, Mozes M. Wullur, Abdul Rahmat. 2023. Pembelajaran

Kewirausahaan. Ideas Publishing. Gorontalo

Suriawiria, U. 2006. Budidaya Jamur Tiram. Kanisius. Yogyakarta