COST REDUCTION PADA USAHA BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DENGAN PAKAN IKAN ALTERNATIF DI KEDIRI, JAWA TIMUR
PDF

Kata Kunci

Budidaya Ikan
Air Tawar
Pakan Ikan Alternatif

Abstrak

Budidaya ikan air tawar yang dilakukan oleh sebagian rumah tangga di Kediri menjadi salah satu kegiatan penopang ekonomi rumah tangga. Namun biaya produksi yang tinggi pada pakan ikan pabrikan membuat para pembudidaya harus menjual ikan hasil produksinya dengan harga tinggi agar tetap mendapatkan keuntungan. Biaya produksi yang tinggi pulalah yang membuat beberapa dari pembudidaya memutuskan menghentikan usaha budidaya ikan air tawarnya. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan cost reduction melalui pemberian pakan ikan alternatif berbiaya rendah dengan kandungan nutrisi yang baik dan dapat diproduksi sendiri oleh anggota keluarga para pembudidaya ikan air tawar. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini, bertujuan untuk: (1) melakukan transfer pengetahuan dan keterampilan pada kelompok mitra sebagai pembudidaya ikan air tawar, (2) mengembangkan produk pakan ikan alternatif dengan memanfaatkan hama pertanian dan limbah pertanian serta bahan yang mudah ditemui di lingkungan sekitar. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan dalam bentuk pelatihan kepada anggota kelompok Mina Usaha di Desa Senden Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri dalam pembuatan pakan ikan alternatif. Pakan ikan alternatif dibuat dengan pemanfaatan hama dan limbah pertanian serta bahan lain yang mudah ditemui di lingkungan sekitar. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu para pembudidaya dalam mengurangi biaya produksi agar usaha budidaya ikan air tawar tetap bertahan dan dilanjutkan.

PDF

Referensi

Bragg, S. M. (2010). Cost Reduction Analysis: tools and strategies. John Wiley & Sons, Inc.

Iqbal Nikmatullah, M., & Widarsono, A. (2014). Analisis Penerapan Cost Reduction Dalam Peningkatan Laba. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 352. https://doi.org/10.17509/jrak.v2i2.6590

Rinaldi, R., & Ridha, A. (2021). Pemanfaatan keong mas (Pomacea canaliculata) sebagai pakan segar untuk mempercepat pertumbuhan benih ikan lele dumbo (Clarias gariepinus). Arwana: Jurnal Ilmiah Program Studi Perairan, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.51179/jipsbp.v3i1.443

Rizal Sunanda, Hasanuddin, C. N. (2020). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Dan Pendidikan Unsyiah, 5(1), 324–329.

Zaenuri, R., Suharto, B., & Sutan Haji, A. T. (2013). Kualitas Pakan Ikan Berbentuk Pelet dari Limbah Pertanian. Jurnal Sumberdaya Alam Dan Lingkungan, 31–36.