BIMBINGAN TEKNIS PEMBUATAN PROMOSI SECARA ONLINE BAGI PEMILIK USAHA PENGGEMUKAN SAPI DI DESA ALEBO KECAMATAN KONDA
PDF

Kata Kunci

Bimbingan Teknis
Promosi
Penggemukan Sapi
Canva
Media Sosial

Abstrak

Peternakan Indonesia sejak zaman kemerdekaan sampai saat ini sudah semakin berkembang dan telah mencapai kemajuan yang cukup pesat. Perkembangan ini tentu saja harus diimbangi dengan pengelolaan yang profesional dan disertai dengan tatalaksana yang baik. Pelaksanaan program kegiatan pada mitra kelompok Tani Sidomulyo dan Sumber Agung berlokasi di Desa Alebo, Kec. Konda, Kab. Konawe Selatan. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan bimbingan teknis pendampingan. Peserta kegiatan pengabdian adalah anggota kelompok Tani Sidomulyo dan Sumber Agung yang berjumlah sekitar 20 orang. Prosedur pemecahan masalah mitra terdiri dari 3 yaitu: 1. Tahap sosialisasi kegiatan, 2. Tahap pembuatan brosur lieflet, flyer dalam bentuk media elektronik dan 3 Tahap pembentukan jaringan pemasaran. Luaran yang dapat diperoleh dari kegiatan ini yakni meningkatnya pengetahuan kelompok tani tentang cara membuat poster, flyer, infografik, banner, kartu undangan, presentase, booklet, baliho, konten media sosial lain yang menarik agar bisa diupload dimedia sosial sebagai bentuk promosi atau pemasaran secara online. Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa bimbingan teknis mengatasi permasalahan yang selama ini terjadi pada peternak sapi. Materi yang dipaparkan pada bimbingan teknis berupa menginstal aplikasi canva di handphone, membuat akun canva kemudian membuat konten media sosial. Disimpulkan bahwa Sebagian besar anggota kelompok tani mengerti dalam menggunakan canva karena sebagian anggota kelompok tani masih relative mudah shingga mudah menerima inovasi baru dan kebanyakan dari mereka sudah terbisa menggunakan handphone.

PDF

Referensi

AAK. 1991. Petunjuk Beternak Sapi Potong Kerja. Penerbit Kanisius. Jakarta.

Arofa E, Bachtiar, Susanto, Santoso B, Wiyono B. 2021. Bimbingan Teknis Pembuatan Peraturan Desa. Pro Bono Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1.

Fellayati Hairum. 2021. Apa itu Canva? Pengertian dan Cara Menggunakannya. https://blog.rumahweb.com/canva-adalah/. Dikases pada hari Jumat Tanggal 26 Oktober 2023

Hafid.H, Nuraini, L.O. Ba’a, La Malesi, S.H. Ananda, P. Patriani. 2020. Peningkatan pengetahuan peternak sapi di Desa Alebo Kecamatan Konda melalui bimbingan teknis cara beternak yang baik. Jurnal PengaMAS 3(2) : 99-108.

Hafid H, L. Malesi, S.H. Ananda, A.M. Ibrahim. 2022. Perbaikan tatalaksana dan tingkat produktivitas usaha penggemukan sapi sistem kereman di kecamatan konda. Jurnal PengaMAS 5(2) : 131-142.

Hafid H, Midranisiah, S.J. Nendissa, Amruddin, Hidayati. 2022. Membangun Peternakan (Menguntungkan dan Berkelanjutan). Cetakan Pertama. Penerbit Widina Bhakti Persada, Bandung.

Hafid H, Junaedi, C. Hetharia, A. Makmur, Ramaiyulis. 2023. Ternak Potong : Teori dan Praktik. Cetakan Pertama. Penerbit Widina Bhakti Persada, Bandung.

Irnawati. 2015. Peranan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Sistem Pemasaran. Faktor Exacta, 8(1): 14-22.

Wunawarsih I A, Dedu L A, Padangaran N B, Arfiani. 2023. Bimtek Pembuatan Promosi Secara Online Bagi Peilik Usaha Berbasis Pertanian di Kelurahan Anggoeya. Jurnal Masyarakat Anoa Vol. 4 No.2. Hal. 75-84.