PENCEGAHAN PERUNDUNGAN (BULLYING) PADA SISWA (SMA DHARMA KARYA)
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

Pencegahan
Perundungan
Siswa

Abstract

Kekerasan dalam dunia pendidikan merupakan tanggung jawab bersama, tidak hanya tanggung jawab dari pihak sekolah akan tetapi masyarakat (orang tua) juga memiliki peran penting untuk mencegah kekerasan dalam dunia pendidikan. permasalahan bullying merupakan permasalahan yang sering terjadi pada lembaga pendidikan dan di SMA Dharma Karya juga masih terjadi bullying antar siswa tersebut meskipun tindakan bullying nya tidak sampai dengan kasus yang parah, akan tetapi pemahaman terhadap siswa mengenai perundungan atau bullying sangat diperlukan agar para siswa mengetahui bahaya tindakan tersebut. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan koordinasi awal, kemudian pelaksanaan sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 09 Juni 2023 serta monitoring kegiatan dilakukan pada tanggal 22 Agustus 2023. Hasil sosialisasi pencegahan perundungan pada siswa SMA Dharma Karya menunjukkan bahwa 75 orang pernah mengalami perundungan/bullying, 102 orang memang merasa tidak pernah mengalami perundungan.

PDF (Bahasa Indonesia)

References

Elsya Derma Putri. Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah: Dampak serta Penanganannya, Keguruan Jurnal Penelitian, Pemikiran dan Pengabdian. Vol 10 No 2 Juli – Desember 2022.

Nuraeni, I Made Sonny Gunawan. Pemberian layanan Informasi Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Perundungan Pada Siswa di Sekolah, Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol 6 No 2 November 2021.